Salah satu ibadah yang paling dicintai Allah SWT yakni  bershalawat kepada Rasulullah Nabi Muhammad  SAW merupakan salah satu ibadah atau amalan yang sangat di anjurkan kepada seorang muslim karena  termasuk dalam amalan yang sangat besar pahala dan keutamaannya. Pastinya seorang muslim yang setia dan mencintai Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dengan baik dan benar akan senantiasa memperbanyak shalawat dan salam kepada beliau.

url

Sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Quran yang artinya  “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya, bershalawat atas Nabi, wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab 56).

Rasulullah SAW telah bersabda bahwa, “Malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail as. telah berkata kepadaku.

Berkata Jibril as.  “Wahai Rasulullah, barang siapa yang membaca selawat ke atasmu tiap- tiap hari sebanyak sepuluh kali, maka akan saya bimbing tangannya dan akan saya bawa dia melintasi titian seperti kilat menyambar.”

Berkata pula Mikail as.  “Mereka yang berselawat ke atas kamu akan aku beri mereka itu minum dari telagamu.”

Berkata pula Israfil as.  “Mereka yang berselawat kepadamu akan aku sujud kepada Allah SWT dan aku TIDAK AKAN mengangkat kepalaku sehingga Allah SWT mengampuni orang itu (yang bershalawat).”

Malaikat Izrail as pula berkata  “Bagi mereka yang berselawat ke atasmu, akan aku cabut ruh mereka itu dengan selembut- lembutnya seperti aku mencabut ruh para nabi-nabi.”

Adapun beberapa riwayat dari beberapa hadist Rasulullah SAW, tiga macam orang yang akan mendapat naungan Allah azza wajjalla pada hari yang tiada naungan kecuali naungan Allah.
Maka ditanya: Siapakah mereka itu ya Rasulallah?
Jawab Nabi saw: Siapa yang meringankan kesukaran seorang dari umatku dan siapa yang menghidupkan sunahku dan siapa yang banyak membaca sholawat padaku (untukku)

Dari Abu Hurairah ra. diberitakan Nabi Muhammad saw. bersabda:”Janganlah kamu menjadikan rumah-rumahmu sebagai kuburdan menjadikan kuburku sebagai persidangan  hari raya. Bershalawatlah kepadaku, karena
shalawatmu sampai kepadaku dimana saja kamu berada”. (HR. An-Nasai, Abu Dawud dan Ahmad serta dishahihkan oleh An-Nawawi)

Dengan beberapa kisah yang kami ambil dari berbagai sumber ini, kami harap para saudara pembaca tidak akan melewatkan peluang untuk selalu bershlawat atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan kita menjadi orang-orang kesayangan Allah,Rasul dan para Malaikat. Amin ya rabbal alamin.

Allahumma salliala Sayyidina Muhammad wa `ala ali sayyidina Muhammad

Facebook Comments