Lambang As’adiyah adalah cahaya matahari yang di bagian tengahnya melingkar 180° tertulis ayat yang berbunyi. Dibagian tengah tambang terdapat kata As’adiyah dalam huruf Arab. Di bagian bawah terdapat kata As’adiyah dalam huruf Latin yang mengambil bentuk bulan sabit.

MATAHARI
a. Sinarnya 25 sebagai lambang dari Nabi dan Rasul Utama yang berjumlah 25.
b. Di tengah-tengah sinar matahari tersebut tertera suatu ayat yang berbunyi: Wa ta’awanu alal birri wattaqwa Terjemahannya:”Saling bantulah dalam kebajikan dan ketaqwaan. Ini adalah dasar utama yang fundamental dari As’adiyah.
c. Di antara cahaya matahari tersebut terdapat lima ujung menjulang sebagai perlambang dari lima Nabi dan Rasul ‘Ulul Azmi. Hal itu juga melambangkan tingkatkan pendidikan yang ada dalam lingkungan As’adiyah yaitu Tingkat Taman Kanak-kanak/Raodatul Atfal/FAUD
Tingkat Pendidikan Dasar/MIA/MDA/U’LA
Tingkat Pendidikan Menengah/MTs/WUSTHA
Tingkat Pendidikan Atas/Aliyah/ULYA

BULAN SABIT
a. Sebagai penyuluh dikala gelap
b. Sebagai lambang keislaman
c. Sebagai alat menuju kesempurnaan
d. Sebagai pusat perhatian kaum muslimin.

RANTAI
a. Sebagai penghubung antara matahari dan bulan sabit
b. Melambangkan bahwa As’adiyah menjunjung tinggi persaudaraan, persatuan, dan kemerdekaan
c. Lima rantai tersebut menunjukkan rukun Islam.

PADUAN MATAHARI DAN BULAN
a. Mempunyai arti bahwa As’adiyah dalam pertumbuhan dan perkembangannya hidup dalam dua cahaya (Hayyun  Fi al-nurayni) yang membawa manusia dari alam kegelapan ke tempat yang terang benderang, dari posisi yang penuh dengan ilmu pengetahuan yang sempurna.
b. Mampu memberi cahaya kebenaran bagi alam dan makhluk disekitarnya pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya.
c. Melambangkan bahwa pelaksanaan pendidikan dan pengajaran pada As’adiyah dilaksanakan secara kontinyu.

WARNA
a. Hijau Adalah warna dasar dari lambang yang berarti bahwa As’adiyah akan tetap subur tumbuh, berkembang, dan dinamis seirama dengan perkembangan masa dan waktu sehingga selalu memberi nuansa kesegaran.
b. Kuning keemasan Adalah warna sinar matahari yang berarti bahwa As’adiyah menjunjung tinggi nilai-nilai kerohanian
dan nilai-nilai kebenaran sehingga senantiasa segar dan cerah secerah sinar matahari.
c. Putih Adalah warna tulisan yang berarti bahwa As’adiyah mempunyai cita-cita yang suci dan luhur yang senantiasa didasari oleh ketulusan berbuat (ikhlas) tanpa pamrih baik dalam berbakti maupun dalam beramal.

Lambang As’adiyah ini digunakan pada bendera, stempel, papan nama organisasi, Madrasah, Sekolah, Perguruan Tinggi, Badan Otonom, Badan Usaha, dan Unit-unit organisasi lainnya pada semua tingkatan

Facebook Comments