Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan di tahun 2019 menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat administrator di aula Kanwil Kemenag Prov. Sulsel jalan Nuri No. 53 Makassar. Rabu, (9/1/2019).

Anwar Abubakar, selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, melantik dan mengambil sumpah pejabat Administrator eselon III sebanyak 12 orang di lingkup kemenag sulsel. 2 (dua) orang kepala bidang pada Kanwil Kemenag Sulsel, dan 10 ( sepuluh) orang lingkup kantor kemenag kabupaten/kota.

Dalam sambutan dan arahan Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, H. Anwar Abubakar, beliau mengatakan bahwa Promosi dan rotasi merupakan agenda rutin dalam sebuah instansi maupun birokrasi, dan ini merupakan sesuatu yang biasa saja, sesuatu yang lumrah, tidak perlu tegang, tidak perlu cemas, tidak perlu juga euforia yang berlebihan, papar beliau. Silahkan enjoy saja dulu semua dengan jabatan barunya, nanti kita lihat lagi perkembangan sampai enam bulan ke depan untuk dievaluasi, tambah Kakanwil.

Diantara pejabat Eselon III tersebut yang dilantik,  ada H. Anwar yang merupakan asal daerah asli dari Kab. Wajo yaitu Kampiri yang terletak di Kec. Pammana. Beliau juga merupakan Saudara dari Kamaruddin Amin yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Berdasarkan penulusuran tim Inmas Wajo, didapatkan informasi singkat dari teman dekat H. Anwar, Jamil Yunus (Kepala MTs. As’adiyah Putra 1 Sengkang). Bahwa semenjak dari kecil, H. Anwar Menempuh pendidikan formal dari Pondok Pesantren As’adiyah, mulai dari tingkatan MI, MTs dan MA. Kemudian melanjutkan ke IAIN Alauddin Makassar dengan program Tadris Bahasa Inggris kemudian melanjutkan lagi ke jenjang Magister di UNM Makassar, jelas Jamil Yunus saat interview via HP.

Lebih lanjut Kepala MTs. As’adiyah Putra 1 Sengkang menjelaskan bahwa setelah terangkat sebagai CPNS di MAN Bontang Kalimantan Timur, beliau hijrah ke Kab. Takalar kemudian menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Makassar pada tahun 2015. “Sungguh sangat tepat H. Anwar menjadi orang nomor wahid di Kankemenag Kab. Wajo ini karena disamping beliau memang asli daerah Wajo, beliau juga berlatar pendidikan dari Pontren As’adiyah yang notabene masyaraktnya mayoritas dari kalangan As’adiyah dan bisa dianggap berterima dari semua kalangan lapisan masyarakat yang ada di Kab. Wajo, Imbuh Jamil Yunus. (hmz)

sumber : sulsel.kemenag.go.id

Facebook Comments