Sebanyak 198 santri calon peserta ujian MTs. As’adiyah Putera II Sengkang gelar simulasi  (UNBK) Ujian Nasional Berbasis Komputer di lab komputer Pondok Pesanten As’adiyah Jalan Veteran Sengkang. Senin (04/02/2019).

Simulasi UNBK tersebut didampingi langsung oleh Muhammad Haderawi selaku Kepala MTs. As’adiyah Putera II Sengkang. Beliau mengungkapkan bahwa tujuan dari simulasi UNBK ini adalah untuk mengenalkan kepada siswa, guru pengawas, dan proktor beserta teknisi terhadap mekanisme penyelenggaraan ujian dan teknis operasional program UNBK. Diharapkan melalui simulasi ini, setiap peserta menguasai cara menggunakan perangkat lunak komputer dalam menjawab soal-soal yang diberikan, ungkapnya.

Hamka, selaku panitia pelaksana sekaligus proktor MTs. As’adiyah Putera II Sengkang menjelaskan bahwa Panitia Ujian beserta stakeholder MTs. As’adiyah Putera II Sengkang jauh jauh hari telah mempersiapkan simulasi ini mulai dari perencanaan, teknis pelaksanaan sampai penyelenggaraan seperti bersurat pinjam-pakai perangkat ujian kepada orang tua calon peserta ujian, penginstalan massal serta pemasangan atau penyusunan perangkat yang merupakan sentuhan akhir dari rangkaian persiapan demi mensukseskan proses UNBK ini. kami mempersiapkan 2 server dengan masing-masing server terdiri dari 2 sesi, adapun sesi pertama terdiri dari 99 PC dan sesi kedua terdiri dari 39 PC”, tambahnya.

Salah satu calon peserta Ujian, Muhammad Fikri Syam (kelas IX Unggulan), mengungkapkan bahwa kami calon peserta ujian sangat terbantu dengan adanya simulasi ini karena kami bisa mengerjakan soal yang hampir mirip dengan soal ujian yang sesungguhnya, juga kami bisa melatih diri ujian menggunakan perangkat lunak komputer, agar nanti saat ujian kami bisa terhindar dari kesalahan saat pengisian jawaban yang berakibat tidak lulus, jelasnya.

sumber sulsel.kemenag.go.id

Facebook Comments