Pesan Anregurutta Sagena Kepada Orang Tua Santri : Ajjana Tafikkiriki Deggaga Dui Passikola Ananae

Seiring perkembangan zaman dan pergaulan remaja yang makin marak, sekolah tentunya jadi sesuatu yang penting bagi perkembangan anak. Tidak sedikit orang tua yang akhirnya memilih menyekolahkan anaknya di Pondok Pesantren, itu dilakukan agar anaknya dapat menambah kualitas ibadah dan ilmu yang selama ini mereka telah jalani.

Bertempat di Masji Al-Ikhlas Zul-Jama’ah Al As’adiyah Jl. Veteran No. 46 Sengkang, Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah adakan penyambutan santri baru tahun pelajaran 2022/2023. Rabu (13/07/22)

Sebanyak 2737 santri baru dari berbagai daerah didampingi orang tua/wali mengikuti penyambutan ini.

AG. Drs. H. Muhammad Sagena, MA selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah menitipkan pesan yang cukup dalam kepada orang tua santri saat menyampaikan sambutan.

Gurutta Sagena berpesan, bahwa mereka tidak perlu khawatir mengenai biaya saat menyekolahkan anaknya di pesantren. Karena biaya yang mereka pakai bukanlah rezeki orang tuanya, melainkan rezki anak itu sendiri yang Allah titipkan kepada orang tuanya.

“Ajjana tafikkiriki deggaga dui passikola ananae ri pesantrengnge, nasaba dalle’na meto yetu nanae na tiwi. Dalle na mato anakta, poleri puang Allah ta’ala rititip akko idi. Puang Allah ta’ala biayai. Jadi ajana tamasara”. tutur Gurutta dengan bahasa bugis

Lanjut Gurutta, bahwa kita sebagai orang tua tentu tidak serta merta dititipkan anak oleh Allah, lalu dibiarkan begitu saja. Sebagai orang tua tentu kita tidak ingin kecewa dengan tingkah laku anak kita, sudah dikandung 9 bulan, dilahirkan, dirawat, dibesarkan, dan semua itu tentu butuh biaya yang tidak sedikit. Ketika tumbuh besar, mereka justru jadi anak yang tidak berbakti. Padahal kita sebagai orang tua bertanggung jawab agar anak tersebut bisa berada di jalan yang benar.

Insya Allah jika menyekolahkan anak-anak kita Pesantren, maka anak itu kelak akan menjadi anak yang shaleh dan shalehah yang mendoakan orang tuanya dan paling penting adalah menuntun kita menuju Rahmat dan Surga-Nya Allah. Jelasnya

Di akhir sambutannya, dengan wajah yang penuh harapan, Anregurutta Sagena menyambut kedatangan santri-santriwati di Pondok Pesantren As’adiyah dengan penuh sukacita. Berharap para santri dapat bertahan melewati rintangan serta lika-liku yang nantinya akan dihadapi selama menuntut ilmu agama. (Aqillah Fadia)