Jumat, 19-07-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

MAS As’adiyah Putri Sengkang Memperingati Hari Batik dengan Menggunakan Batik pada Upacara Bendera

Diterbitkan : - Kategori : MA Putri

Wajo (Media Center As’adiyah) – Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tak ternilai harganya, salah satunya adalah warisan seni khas Indonesia yang dikenal dengan sebutan batik. Batik telah menjadi identitas bangsa Indonesia yang begitu kuat, sehingga pemerintah negara ini telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tanggal tersebut menjadi momen penting untuk menghargai dan memperingati keberadaan batik sebagai bagian tak terpisahkan dari kebudayaan Indonesia.

Dalam semangat memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, MAS As’adiyah Putri Sengkang turut merayakan keindahan budaya ini dengan cara yang istimewa. Pada upacara bendera yang diadakan pada hari Senin, tanggal 2 Oktober 2023, para guru dan pembina MAS As’adiyah Putri Sengkang merayakannya dengan mengenakan batik dalam suasana yang penuh makna.

Upacara bendera ini juga menjadi wadah untuk merayakan berbagai kegiatan penting. Di antaranya adalah pembukaan kegiatan Diklatsar PIK -R Uswatunnisa dengan tema “Generasi Berencana, Masa Depan Lebih Cerah.” Kegiatan ini dirancang untuk melatih keterampilan hidup yang esensial dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Selain itu, upacara ini juga menjadi momentum pengukuhan calon anggota PASKIBRA MAS As’adiyah Putri Sengkang. Tema yang diusung dalam pengukuhan ini adalah “Bergenarasi Kepemimpinan Dalam Mengoptimalkan Potensi Diri.” PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera) memiliki peran penting dalam upacara bendera dan acara kenegaraan lainnya. Dengan mengambil bagian dalam PASKIBRA, para santriwati diharapkan dapat tumbuh dan berkembang sebagai pemimpin muda yang mampu mengoptimalkan potensi diri mereka dalam menanamkan semangat patriotisme.

Ekstrakurikuler ini dianggap sebagai wadah yang sangat bermanfaat bagi para santriwati MAS As’adiyah Putri Sengkang. Selain memberikan pengetahuan seputar remaja dan konseling untuk membantu mereka menghadapi berbagai aspek kehidupan sehari-hari, ekstrakurikuler ini juga memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Santriwati diajarkan mengenai arti penting bendera merah putih dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Melalui perayaan Hari Batik Nasional dan upacara bendera yang dipenuhi dengan makna ini, MAS As’adiyah Putri Sengkang turut berkontribusi dalam melestarikan budaya Indonesia. Mereka tidak hanya mengenakan batik sebagai pakaian, tetapi juga merayakan keindahan dan makna yang terkandung dalam setiap motif dan corak batik, sekaligus menggugah semangat kebangsaan di kalangan para santriwati. (nm)

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org