Rabu, 29-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Kegiatan Bulan Bahasa MAS As’adiyah Putri Sengkang: Menggali Potensi Bahasa Santriwati

Diterbitkan : - Kategori : MA Putri

Wajo (Media Center As’adiyah) – Bulan Bahasa MAS As’adiyah Putri Sengkang adalah perhelatan edukatif yang dapat meningkatkan potensi santriwati. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa santriwati, terutama dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Daerah.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, tepatnya pada tanggal 14 Oktober hingga 15 Oktober 2023. Dalam kurun waktu tersebut, para santriwati terlibat dalam serangkaian kegiatan yang bertujuan mendalamkan pemahaman dan penguasaan dalam bahasa-bahasa yang dijadikan fokus.

Salah satu aspek utama dari Bulan Bahasa ini adalah beragam perlombaan yang diselenggarakan. Perlombaan ini dirancang untuk menguji dan meningkatkan kemampuan berbahasa para santriwati. Mereka memiliki kesempatan untuk berkompetisi dan menunjukkan kehebatan mereka dalam berbicara, menulis, dan berbahasa.

Beberapa dari perlombaan tersebut adalah lomba story telling dalam tiga bahasa berbeda: bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Bugis (bahasa daerah). Ini memungkinkan santriwati untuk mengekspresikan diri dalam tiga bahasa yang berbeda dan mengekspresikan kreativitas mereka melalui cerita. Selain itu, ada juga pidato dalam bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Bugis, cipta baca puisi, balas pantun, resensi buku, karya tulis ilmiah, dan debat dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab. Perlombaan-perlombaan ini menghadirkan tantangan yang bervariasi dan memungkinkan para peserta untuk mengasah kemampuan berbahasa mereka dalam berbagai aspek.

Perlombaan-perlombaan tersebut dihadiri oleh para santriwati yang memiliki minat dan bakat berbeda dalam bahasa. Mereka bersaing dengan semangat sportif dan semangat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Lomba-lomba ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam bahasa, sehingga semua peserta bisa belajar dari satu sama lain.

Selain perlombaan, Bulan Bahasa juga melibatkan pemilihan duta bahasa. Setiap peserta yang berminat menjadi duta bahasa harus mengajukan proposal proyek bahasa yang akan mereka jalani selama satu tahun ke depan. Ada tiga pilihan bahasa yang dapat dipilih peserta duta bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Duta bahasa adalah individu yang memiliki tanggung jawab besar dalam memajukan dan mengembangkan pemahaman bahasa di MAS As’adiyah Putri Sengkang sehingga diperlukan pemilihan yang selektif dalam proses penobatannya.

Dalam keseluruhan konteks Bulan Bahasa, acara ini adalah kesempatan emas bagi para santriwati untuk tumbuh dan berkembang dalam kemampuan berbahasa mereka. Selain itu, acara ini juga mendorong semangat kompetisi yang sehat dan semangat kerja keras, dan memotivasi mereka untuk menjalani peran sebagai duta bahasa. Semua ini mencerminkan komitmen sekolah dalam mendukung pengembangan bakat dan kemampuan santriwati dalam hal berbahasa.

Dengan Bulan Bahasa MAS As’adiyah Putri Sengkang, mereka tidak hanya memperkaya kosa kata, tata bahasa, dan kemampuan berbicara, tetapi juga menciptakan ikatan yang kuat dalam komunitas santriwati mereka. Inilah momen yang membawa mereka lebih dekat ke pembelajaran bahasa dan membuka peluang untuk pertumbuhan pribadi yang tak ternilai harganya. (nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org