Sabtu, 07-09-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Gelar Seminar Internasional, Pontren As’adiyah Hadirkan Empat Syekh Terkemuka 

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Media Center As’adiyah – Pada 17 Juli 2024, Pondok Pesantren As’adiyah mengadakan seminar internasional yang berlangsung di gedung Assa’adah. Seminar ini menghadirkan empat pembicara internasional yang sangat berpengaruh di dunia Islam.

Mereka adalah Prof. Dr. Syekh Ibrahim Shalah as-Sayyid Sulaiman al-Hudhud, Rektor al-Azhar al-Syarif dan Anggota Majelis Tertinggi Ulama Besar Mesir; Prof. Dr. Datuk Sayying Muhammad Aqil bin Ali al-Mahdaliy al-Husainiy, Ketua Dewan Guru Besar Universitas Islam Syekh Dawud al-Fathani, Thailand; Prof. Dr. Syekh Shalih Ahmad Abdul Wahab Abdul Qawiy, Wakil Dekan Kuliah al-Ulum al-Islamiyah Lil Wahidin al-Azhar, Mesir; dan Dr. Syekh Nuruddin as-Sayyid Ma’ruf Abdurrahman al-Syafi’i, Direktur Pelaksana Markaz Alson, Mesir.

Seminar ini mengangkat tema “Peran Al-Azhar al-Syarif dalam Menjaga Moderasi Beragama”. Dalam seminar internasional ini mendiskusikan berbagai upaya dan pendekatan Al-Azhar dalam menanamkan dan mempertahankan moderasi beragama di tengah tantangan global saat ini. Selain itu, kegiatan ini juga membahas berbagai mazhab yang digunakan di negara-negara Islam, menyoroti bagaimana perbedaan mazhab dapat diakomodasi dalam kerangka moderasi beragama. Seminar ini juga menguraikan proses pembelajaran di al-Azhar, yang dikenal dengan pendekatan inklusif dan komprehensif terhadap ilmu-ilmu keislaman.

Selain empat tokoh pembicara diatas, turut hadir pula Rektor IAI As’adiyah Sengkang, Gurutta Dr. KH. Muhyiddin Tahir, S.Ag., M.Th.I., dan Plt. Mudir Ma’had Aly As’adiyah, Gurutta H. Bunyamin M. Yapid, Lc., MA.,.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Syekh Ibrahim Shalah as-Sayyid Sulaiman al-Hudhud menjabarkan bahwa prinsip yang dipegang teguh dalam al-Azhar adalah “akal yang sehat tidak akan bertentangan dengan nash yang sharih”. Hal ini menunjukkan bahwa al-Azhar mendorong keseimbangan antara akal dan wahyu dalam proses pembelajaran dan pengambilan keputusan.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang berbagi ilmu dan pengalaman, tetapi juga mempererat hubungan antar lembaga pendidikan Islam internasional. Seminar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam menyebarkan pesan moderasi dan toleransi beragama, sesuai dengan prinsip yang dipegang teguh oleh Al-Azhar al-Syarif.

Pondok Pesantren As’adiyah terus berkomitmen untuk menjadi pusat pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai keislaman yang moderat dan inklusif. Seminar internasional ini menjadi salah satu bukti nyata dari upaya tersebut, membawa pencerahan dan inspirasi bagi seluruh peserta yang hadir.(nm)

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org