Minggu, 15-09-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

MAS As’adiyah Putri dan PDF Ulya As’adiyah Gelar Semarak Kemerdekaan, Tumbuhkan Semangat Juang dan Keterampilan Santri

Diterbitkan : - Kategori : MA Putri / PDF Putri

Medi Center As’adiyah –  Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Madrasah Aliyah As’adiyah Putri dan PDF Ulya As’adiyah Putri Pusat Sengkang menggelar serangkaian kegiatan bertajuk “Semarak Kemerdekaan”.

Kegiatan tahunan ini dilaksanakan pada 15 Agustus 2024 bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat juang dan kerja keras para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Acara dibuka dengan kegiatan senam bersama yang melibatkan seluruh santri dan para Pembina. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan penanaman sayuran, yang menjadi salah satu implementasi dari project Kurikulum Merdeka bagi santri kelas X dan kelas XI. Tema yang diangkat untuk kelas X adalah “Hidup Berkelanjutan,” di mana santri diajak untuk belajar menanam dan merawat berbagai jenis sayuran seperti kangkung, daun bawang, sawi, cabai, dan seledri. Para santri akan merawat tanaman tersebut hingga masa panen selama tiga bulan ke depan.
Untuk santri kelas XI, kegiatan kewirausahaan menjadi fokus utama.

Mereka dibagi menjadi delapan kelompok dan masing-masing kelompok membuat produk makanan yang berbeda. Dalam project ini, santri dibimbing mulai dari menghitung modal, membuat label, menghasilkan produk, hingga menghitung laba. Di akhir kegiatan, akan diadakan seminar untuk mempresentasikan hasil dan keuntungan dari usaha yang mereka jalankan. Program ini dirancang agar santri memiliki keterampilan wirausaha sebelum lulus, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa depan.

“Karena itulah tujuan kurikulum merdeka untuk memerdekakan santri atau siswa bagaimana santri bisa berkembang bukan hanya di bidang akademik tapi juga di bidang non-akademik seperti menanam sayur dan wirausaha,” ungkap Gurutta Sitti Aminah, S.T., M.Si., selaku Wakamad Kesiswaan Madrasah Aliyah As’adiyah Putri.

Semarak Kemerdekaan ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, baik untuk santri maupun pembina. Perlombaan untuk pembina meliputi estafet bola pingpong, menggiring bola, dan lomba teropong air. Lomba untuk pembina sendiri ungkap gurutta bu aminah bukan mencari pemenang melainkan hanya sebagai ajang memupuk kebersamaan agar santri dan pembina dapat saling berbaur.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap santri dapat menikmati kemerdekaan dengan cara yang menyenangkan,” ujar Gurutta Sitti Aminah, menggarisbawahi pentingnya unsur kebahagiaan dan kebersamaan dalam peringatan hari kemerdekaan.

Untuk santri, lomba utama yang diadakan adalah Lomba Rangking Satu, yang diikuti oleh seluruh santri dari Madrasah Aliyah As’adiyah Putri dan PDF Ulya As’adiyah Putri. Dengan sistem gugur, lomba ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menambah wawasan kebangsaan para santri. Selain itu, lomba lain yang diikuti santri ialah lomba volley memakan balon, juga lomba memindahkan gelas menggunakan pipet.

“Bagi kami, kebersamaan adalah sesuatu yang indah. Dari sini terlihat bagaimana kerjasama dan kekompakan sangat penting, karena kehidupan tanpa kebersamaan akan sulit,” jelas Gurutta Sitti Aminah.
Hal senada juga diungkapkan oleh KM. Fitri, S.Pd.I., Wakabid Kurikulum PDF Ulya As’adiyah Putri. “Selain memupuk semangat juang untuk mencapai tujuan, kegiatan lomba ini juga menjadi ajang mempererat kebersamaan dan keakraban di antara para pembina dan santriwati.”

Dengan beragam kegiatan yang dilaksanakan, Semarak Kemerdekaan tahun ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang peringatan hari kemerdekaan, tetapi juga menjadi media pembelajaran yang memperkuat wawasan dan keterampilan para santri dalam berbagai bidang.(nm)

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org