Minggu, 15-09-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Madrasah Aliyah As’adiyah Gelar Simulasi Pemilu melalui Project P5-RA “Suara Demokrasi”

Diterbitkan : - Kategori : MA Putri

Media Center As’adiyah – Madrasah Aliyah As’adiyah melaksanakan kegiatan kokurikuler Project P5-RA dengan mengangkat tema “Suara Demokrasi”. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh santri kelas X dan XI ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai proses demokrasi dan pemilu kepada para santri.

Dalam pelaksanaannya, para santri dibagi ke dalam beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mensimulasikan pelaksanaan pemilu. Tidak hanya sekadar belajar memilih, santri juga diberikan peran yang berbeda-beda sesuai dengan proses pemilu sesungguhnya. Beberapa santri bertugas sebagai hansip, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta saksi. Ada juga kelompok santri yang diberi tanggung jawab sebagai Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membuat surat suara yang akan digunakan dalam simulasi pemilu tersebut.

Kegiatan ini didesain secara khusus bagi para santri kelas X dan XI yang sebagian besar belum pernah merasakan langsung pengalaman mengikuti pemilu.

Melalui simulasi ini, diharapkan mereka dapat memahami mekanisme pemilihan umum, mulai dari persiapan hingga perhitungan suara. Berbeda dengan simulasi biasa, para santri tidak hanya berpura-pura memilih calon, melainkan benar-benar memilih rekan mereka yang mencalonkan diri dalam pemilihan organisasi madrasah.

“Pemilihan organisasi kebetulan sedang berlangsung, jadi daripada hanya sekadar pemilihan internal, lebih baik jika santri langsung belajar bagaimana proses pemilu yang sebenarnya,” ungkap Wakamad Kesiswaan, Gurutta Sitti Aminah, S.T., M.Si.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program P5-RA yang melibatkan penilaian terhadap apa yang telah dipelajari santri dan bagaimana mereka mengaplikasikan ilmu tersebut dalam suatu project. Para santri dinilai berdasarkan peran yang mereka mainkan dan kontribusi dalam kelancaran jalannya simulasi pemilu.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan santri dapat memiliki wawasan yang lebih luas mengenai demokrasi dan pemilu, serta tumbuh menjadi generasi yang lebih sadar akan pentingnya partisipasi dalam kehidupan berdemokrasi.(nm)

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org