Drs. H. M. Jafar Aras, M.Ag selaku Manajer BMT As’adiyah dalam laporan di pembukaan Rapat Anggotan Tahunan (RAT) XVI pada Ahad 22 Januari 2016  menyampaikan di usia 15 tahun 7 bulan 12 hari perkembangan BMT di tahun buku 2016 Alhamdulillah jumlah anggota  penabung dan pembiayaan sebanyak  sembilan ribu sembilan ratus dua puluh satu orang dengan jumlah tabungan dua puluh milyar sembilan ratus empat belas juta lima ratus dua puluh delapan rupiah dan untuk pembiayaan yang tersalurkan sebanyak delapan belas milyar  lima ratus tiga pulu tiga juta rupiah sedangan  perkembangan aset lembaga keungan BMT di tahun 2016 mencapai dua puluh delapan milyar tiga ratus sembilan juta lebih, aset di sektoril sebanyak dua puluh milyar enam ratus lima puluh juta lebih.

Beliau menambahkan awal pendirian BMT ini tidak lain untuk kemajuan pembangunan pondok pesantren as’adiyah dan alhamdulillah sisa hasil usaha (SHU) ditahun 2016 mencapai lima ratus enam jutah lebih dan akan diserahkan kepada H. Andi Panaungi bendahara umum pengurus besar as’adiyah yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut.

Rapat Anggota Tahunan (RAT)  Tahun Buku 2016 yang di adakan di Gedung Assa’ada dihadiri Dr. Idris Parakkasi, MM Direktur PINBUK Provensi Sulawesi Selatan,  dari pengurus As’adiyah,  jajaran Pemerintah Kab. wajo,  beserta undangan nasaba BMT As’adiyah.

Dengan tema Menggapai Bisnis Dengan Berkah,  Dr. Idris Parakkasi, MM dalam RAT BMT  As’adiyah Ke XVI dalam ceramah singkatnya mengajak para undangan untuk berjihad dengan cara menguasai perekonomian di Indonesia agar tidak dikuasai oleh pihak asing yang dimana ingin memecah belah ummat islam. Tugas kita bukan hanya aktivitas ibadah melaksanakan shalat dan puasa akan tetapi menguasai ilmu ekonomi, politik untuk mensejahterakan ummat juga termasuk ibadah.