Rabu 31 Januari 2018 ratusan Masyarakat Wajo lakukan Shalat Gerhana Bulan di Masjid Agung Ummul Quraa Sengkang Kabupaten Wajo, Sebelum shalat gerhana dimulai ratusan jamaah dihimbau untuk melantunkan dzikir, istighfar dan takbir.

Shalat gerhana bulan tersebut dimulai sekitar pukul 21.00  dipimpin oleh Ustad Samsul Bahri dan yang menjadi khatib Gurutta Dr.KH. Muhiddin Tahir. M.Th.I., Mudir Ma’had Aly As’adiyah. Beliau menyampaikan fenomena alam  tersebut merupakan tanda akan hadirnya dzat  yang tak dapat ditandingi oleh apapun dan siapa pun dialah Allah  Subhanahu wa Ta’ala, dengan demikian  fenomena gerhana bulan yang kita saksikan saat ini merupakan tanda kekuasaan Allah, kita patut bersyukur bisa menikmati keindahan serta mengagumi gerhana bulan, ini merupakan cara bersyukur yang paling sejati meresapi kehadiran Allah Subhanahu wa Ta’ala dibalik peristiwa ini.

Semoga dengan adanya fenomena gerhana bulan ini meningkatkan kedekatan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala membesarkan hati kita untuk ikhlas menolong sesama serta menjaga kita agar selalu ramah terhadap alam sekitar kita. ungkap Gurutta dalam khutbahnya.

Perlu diketahui bahwa Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.