Ribuan santri pagi tadi gelar Upacara Hantri Nasional (HSN) di Jalan Masjid Raya atau Lapangan Merdeka Sengkang 22 Oktober 2018. Dengan menyusung tema “Bersama Santri Damailah Negeri”  Bertindak sebagai inspektur upacara pada pagi hari ini yakni Asisten I Pemerintah Kabupaten Wajo,  Andi Maddukkelleng Oddang.

Mewakili Bupati Wajo beliau menyampaikan amanat dari Menteri Agama Lukman Hakim, bahwa Hari Santri tahun ini merupakan momen untuk mempertegas perang santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran dan komitmen cinta tanah air. Diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat.

“Marilah kita tebarkan kedamaian, kapanpun, dimanapun, kepada siapapun,”

Drs. H. Andi Muhammad Hasbi Gani , ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa Kegiatan tahun ini jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, Tahun kemarin misalnya dilaksanakan secara internal, sederhana dan terbatas namun tahun kali ini cukup meriah karena salah satu alasannya adalah Pemerintah Daerah Kab Wajo sangat mensupport dan sangat mendukung kegiatan ini. sehingga pelaksanaan acara ini cukup membahana, baik dalam wilayah Kab Wajo ataupun luar Kabupaten.

Atas nama Panitia Pelaksana menyampaikan ucapan dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Bapak Bupati Wajo dan seluruh sponsor serta kepada  17 Pondok Pesantren yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sesempurna ingin kami laksanakan kegiatan tersebut.. namun kami sadar.. kami adalah manusia manusia yang tidak lepas dari kekurangan dan sangat terbatas…

Panitia Pelaksana menyampaikan permohonan maaf yang sedalam dalamnya atas segala kekurangan.. sekalipun kita dalam keterbatasan dan kekurangan… kita pun jalan berbarengan dan bergandengan tangan dalam mewujudkan : Bersama Santri Damailah Negeri

Insya Allah Amin Amin Amin..

Terakhir : Menjadi harapan bagi kita semua.. semoga di tahun mendatang kita akan kembali bersama di event yang sama pula.