Tidak terasa 17 Tahun sudah perjalanan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) As’adiyah yang merupakan lembaga keuangan mikro syariah  yang didirikan oleh yayasan As’adiyah pada tahun 2001 dengan modal awal 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan di tambah 50 (lima puluh) orang anggota pendiri dengan modal penyertaan masing-masing Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). Profil BMT baca selengkapnya

Memasuki awal tahun 2019 BMT As’adiyah kembali menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke XVIII (delapan belas) Tahun Buku 2018 merupakan agenda wajib yang harus dilakukan selambat2nya Bulan Januari setiap tahunya.  RAT kali ini mengangkat Tema “ Peran  dan Strategi BMT As’adiyah dalam Mengembangkan Ekonomi Syariah di Era Revolusi Industri 4.0”

 

Dr. KH. Habasan Basri M, Ba Ketua Dewan Pengurus Pusat IKAKAS (Ikatan Keluarga Alumni As’adiyah) selaku pembawa ceramah dalam acara tersebut menyampaikan 5 (lima) pesan Anregurutta Sade semasa hidupnya yakni :

  • Amalkanlah, kerjakanlah segala sesuatu yang dirdhoi oleh Allah niscaya Anda akan tetap mendapatkan keridhaanya
  • Koreksilah diri sendiri nasehatilah segala kesalahannya dan sempurnakanlah segala kekurangannya dan jauhilah semua orang yang dalam keburukan menuruti hawa nafsunya.
  • Apabilah Anda membahas suatu masalah maka bahaslah dengan teliti dan cermat melalui orang yang senan tiasa berpegang kepada kebenaran, membahas sesuatu yang dianalisa terlebi dahulu sangatlah sungkar untuk dibantah lebih lebih untuk dikalahkan.
  • Apabilah Anda memberi keputusan maka hendaklah keputusan itu adalah keputusan yang benar, janganlah Anda mengikuti hawa nafsu subjektif dalam memutuskan sesuatu perkara karena jika demikian maka sama halnya Anda berpaling dari kebenaran.
  • Waspadailah terhadapa dirimu sendiri sekali kali jangan mengikuti hawa nafsunya atau memberi peluang kepada syaitan untuk menguasai kita berbuat kejahatan

Tentunya sebagai kader Alumni dari pesantren As’adiyah  kita jangan lupa dengan Idiologi Anregurutta Sade kita tanamkan dan amalkan dalam kehidupan kita sehari hari.

Pada era Revolusi Industri 4.0 ini Beliau juga mengajak kepada masyakarat untuk menguasai perekonomian. Sehingga dengan dikuasainya perekonomian tersebut, maka kita  dapat menguasai dan mudah untuk mengatur sistem perekonomian itu sendiri agar mengarah pada yang lebih baik yang sesuai dengan syariat  Islam. Semoga BMT yang kita bangun ini berada dalam jalur syariah dan mampu menjawab tuntutan kebutuhan anggota pada khususnya dan masyarakat Islam pada umumnya. tutur  KH. Hasan Basri saat memberikan ceramah Ekonomi Islam.