Sabtu, 13-04-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Ma’had Aly As’adiyah Gelar Wisuda, Begini Prosesnya

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Uncategorized

Bertempat di gedung As-saadah jalan Andi Magga Amirullah, Sengkang. Ma’had Aly  As’adiyah menggelar Wisuda Angkatan-XIII Tahun Akademik 1440/1441 H. Sabtu (19/09/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut Mudir Ma’had Aly As’adiyah Anregurutta Dr.H. Muhyiddin Tahir, M.Th.I juga selaku Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah, Bupati Wajo, Kepala Kantor Kemenag Wajo diwakili Kasubag TU dan Dr. Ahmad Muktamar Badruddin, MA. selaku pembawa orasi Ilmiah.

Turut bergabung secara virtual Dr. Waryono, M.Ag. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia dan Anregurutta H. Muhammad Sagena, MA., ketua umum PP Pontren As’adiyah.

Gurutta Dr. H. Muhyiddin Tahir melaporkan bahwa para alumni adalah santri yang terjun dimasyarakat menjadi mubalig dan tenaga pendidik siap pakai.

“Para alumni nantinya akan menjalankan tugas pengabdian diberbagai wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan, dan Papua” Ujar Mudir Ma’had Aly As’adiyah.

Prosesi wisuda mahasantri Angkatan-XIII Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Tahun Akademik 1440/1441 H, diawali dengan pembacaan surat keputusan kelulusan para mahasantri oleh KM. Ahmad Agus, S.Ag. dilanjutkan dengan pemanggilan wisudawan serta penyebutan predikat dan tempat pengabdian mahasantri.

Dalam kegiatan tersebut Dr. Syarifuddin, MM. menyampaikan pesan dan kesan terkait pendidikan mahasantri di Ma’had Aly As’adiyah. Beliau menuturkan pentingnya menjaga nama baik almamater tempat kita menuntu ilmu.
Acara berlanjut pada orasi ilmiah yang dibawakan oleh Dr. Muktamar Badruddin, MA.

Dalam orasi ilmiahnya beliau mengangkat tema ketokohan almarhum Anregurutta H. Muh. Yunus Martan. “Anregurutta Yunus Martan Merupakan sosok karimastik yang berkontribusi besar dalam pengembangan pondok pesatren As’adiyah, di masa kepemimpinan beliau As’asdiyah mendirikan Radio untuk menyebarkan dakwah Islam dan mencetuskan beridirinya Ma’had Aly”. Ungkap Wakil Rektor IAI As’adiyah tersebut.

Diundang secara online, Direktur Pendidikan Dhiniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. Waryono, M.Ag. memberikan sambutan melaui via zoom. Beliau menekan pentingnya meningkatkan kesejahteraan guru-guru di pesantren, sebab merekalah yang berperan penting membina santri dengan penuh keikhlasan.

Meski lulusan Ma’had Aly Sengkang ini sudah banyak yang mendapatkan tempat pengabdian, Waryono mengingatkan agar selalu mengasah kreativitas dan terus berinovasi. Sehingga, keilmuannya tetap berkembang dan relevan dengan kebutuhan, serta mampu bersaing di masa depan.

“Agar mahasantri ini terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas untuk memenuhi kebutuhan masa depan,” pesannya.

Bupati Wajo, ikut serta memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi pondok pesantren As’adiyah yang berperan besar dalam memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat. “Pondok pesantren As’adiyah sebagai lembaga pendidikan telah banyak melahirkan ulama yang memberikan pencerahan kepada masyarakat, sehingga sudah selayaknya pemerintah harus hadir memberikan dukungan terhadap pengenbangan pondok pesantren” ungkap Hj. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Acara selanjutnya yaitu nasihat yang disampaikan oleh Ketua Umum PP Pontren As’adiyah, Anregurutta berpesan kepada mahasantri agar dalam mengabdi dapat menjadi tauladan bagi masyarakat. ”saya berpesan kepada wisudawan tidak hanya menjadi ahli agama tapi juga agamawan. Artinya para alumni tidak hanya mengetahui ajaran agama tapi juga mengamalakannya”. nasihat Anregurutta Drs. H. Muhammad Sagena, MA.

Ma’had Aly As’adiyah juga memberikan penghargaan kepada H. Bunyamin Yafid, Lc., MA. atas kontribusi dan perhatiannya sebagai alumni kepada Ma’had Aly. H. Bunyamin yang merupakan direktur PT. An-Nuur Ma’arif membangun sebuah gedung asrama dua tingkat yang diberi nama Pondok An-Nur.

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org