Sabtu, 18-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa IAI As’adiyah : Sambut Mahasiswa Baru dengan Semangat

Diterbitkan : - Kategori : IAI As'adiyah

Sengkang (Media Center As’adiyah) – Kamis, 14 September 2023 Momentum penting digelar di Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang dengan diselenggarakannya Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka pembukaan kuliah perdana dan penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2023/2024.

Acara ini berlangsung di aula II lantai 3 gedung B Kampus Hijau IAI As’adiyah Sengkang, yang menjadi saksi dari semangat para calon mahasiswa baru yang berjumlah 191 orang.

Kehadiran berbagai tokoh penting dalam acara ini menambah kesolennitasnya. Orasi ilmiah yang disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah, Gurutta Dr. KH. Muhyiddin Tahir, M.Th.I. menggugah semangat para mahasiswa baru. Dalam inti orasinya, beliau menyampaikan pesan tentang tiga inti kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa, yakni ilmu pengetahuan, kecerdasan emosional, dan aspek spiritual.

Pada pembahasan ilmu pengetahuan, Gurutta menekankan pentingnya mengedepankan ilmu pengetahuan dalam perjalanan akademik. Mahasiswa diingatkan untuk tidak hanya memikirkan untung-ruginya ke kampus, akan tetapi juga memandang berkah dan pahala yang dapat diperoleh dari pengetahuan.

Kemudian Gurutta juga membahas kecerdasan emosional. Mahasiswa diajak untuk menjalani perjalanan akademik dengan istiqomah (konsistensi) dan tawadhu (kesederhanaan).

Dalam menjalani perjalanan kuliah, mahasiswa diingatkan oleh Gurutta akan pentingnya aspek spiritual. Seperti yang diungkapkan Gurutta KH. Muhyiddin Tahir, “Ulama dahulu memiliki Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang terdiri dari Sholat Tahajud dan Dhuha.”

Setelah orasi ilmiah yang menginspirasi oleh Gurutta KH. Muhyiddin Tahir, Rektor IAI As’adiyah Sengkang, AG. Dr. KH. Muh. Yunus Pasanreseng A. Padi, M.Ag, dengan penuh semangat membuka resmi kuliah perdana dan penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024. Beliau juga memberikan pidato yang memotivasi, yang diikuti dengan penyerahan nama-nama mahasiswa baru kepada masing-masing dekan dan ketua prodi.

Seluruh jajaran pimpinan, dekan, wakil dekan, direktur Pascasarjana, direktur Ma’had Aljamiah, ketua-ketua prodi, serta dosen IAI As’adiyah turut hadir dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru ini. Tak ketinggalan pula, ketua dan komandan dari berbagai Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Unit Kegiatan Keagamaan (UKK) dari IAI As’adiyah Sengkang ikut serta meramaikan kegiatan.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru dan panitia Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Dra. Hj. Fatmawati, S.Pd., M.Si, yang juga menjabat sebagai Wakil Rector III, memberikan laporan tentang persiapan penerimaan mahasiswa baru. Ini adalah momen penting yang mempersiapkan calon mahasiswa untuk memasuki lingkungan akademik dan kemahasiswaan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman mahasiswa berprestasi sepuluh besar dalam acara PBAK Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan. Penghargaan ini menjadi motivasi tambahan bagi para mahasiswa baru untuk meraih prestasi akademik dan berkontribusi dalam kemahasiswaan.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa ini menciptakan momen emosional yang penuh semangat, menandai awal perjalanan para mahasiswa baru di Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang. Semoga semangat dan ilmu yang ditanamkan dalam acara ini akan membawa mereka pada masa depan yang gemilang dalam dunia akademik dan kemahasiswaan. (nm)

Editor : Jo

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org