Rabu, 06-12-2023
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

MTs As’adiyah Putra dan Putri Pusat Sengkang Melakukan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Wajo (Media Center As’adiyah) – Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) telah menjadi salah satu alat penting dalam mengevaluasi kualitas pendidikan di Indonesia. MTs As’adiyah Putra dan Putri Pusat Sengkang juga turut serta dalam pelaksanaan ANBK ini.

MTs As’adiyah Putri Pusat Sengkang melakukan ANBK pada gelombang pertama yaitu pada tanggal 18 September 2023 dan 19 September 2023. Sedangkan MTs As’adiyah Putra Pusat Sengkang melakukan ANBK gelombang kedua yaitu pada tanggal 20 September 2023 dan 21 September 2023. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menilai tingkat intelegensi dan karakter santri yang merupakan cerminan dari mutu pendidikan di Madrasah.

Pengelolaan ANBK di MTs As’adiyah Putra dan Putri Pusat Sengkang dilakukan selama dua hari. Proses ini dilakukan di ruang khusus yang telah disiapkan untuk kegiatan tersebut. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari lembaga pendidikan dalam menjalankan proses evaluasi secara transparan dan objektif.

Pelaksanaan ANBK di MTs As’adiyah Putra ini dimonitoring langsung oleh KM. H. Muhammad As’ad, S.Pd.I., M.P.d yang merupakan penanggung jawab kegiatan, sekaligus Kepala MTs As’adiyah Putra Pusat Sengkang. Tidak hanya itu, panitia pelaksana yang dipimpin oleh KM. Muhammad Amin, S.H.I., M.H.I, juga turut andil dalam memastikan kelancaran kegiatan ini. Panitia ini terdiri dari berbagai pihak yang memiliki peran penting, seperti Sekretaris Hamka, S.Pd.I, Bendahara Salmia, S.Pd.I, Proktor Muh. Hasbi Alwi, S.Si., M.Pd, Teknisi Ahmad Humaedi Hafid, S.H, serta Anggota Nursidik dan Musliadi, S.Ag. Kemudian Pengawas yaitu Nawiah H, S.Pd.I, dan Ahmad Sanusi, S.S.

Dalam ANBK di MTs As’adiyah Putra dan Putri Pusat Sengkang, peserta yang terlibat adalah santri kelas VIII. Pemilihan peserta dilakukan secara acak oleh sistem komputer. Sebanyak 15 santri dilibatkan per sesinya dengan pelaksanaan 3 sesi sehingga total 45 santri per harinya, sementara 5 santri cadangan siap menggantikan jika ada peserta yang berhalangan hadir.

ANBK di MTs As’adiyah Putra dan Putri Pusat Sengkang terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 hingga 09.40, sesi kedua pada pukul 10.40 hingga 12.50, dan sesi ketiga pada pukul 14.20 hingga 16.30. Materi yang diuji pada hari pertama adalah literasi dan survei karakter, sementara hari kedua akan menilai kemampuan numerasi serta survei lingkungan belajar.

Melalui ANBK ini, MTs As’adiyah Putra dan Putri Pusat Sengkang berusaha memastikan bahwa proses pendidikan yang dijalankan mampu menghasilkan santri yang cerdas dan berkarakter. Hasil dari ANBK akan menjadi alat penting bagi Madrasah untuk terus memperbaiki kualitas pendidikan yang madrasah tawarkan. Dengan adanya evaluasi ini, diharapkan MTs As’adiyah Putra dan Putri Pusat Sengkang dapat terus berkembang dan memberikan pendidikan yang berkualitas kepada para santri mereka. (nm)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info.asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org