Senin, 27-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Tindak Lanjuti Usulan Gelar Pahlawan Nasional Untuk AG. KH. M. As’ad, PP As’adiyah Rapat Dengan Sekda Wajo

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Wajo ( Media Center As’adiyah) – Pengurus Pusat (PP) Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang, mengikuti rapat perdana tentang persiapan pengusulan Anregurutta KH. M. As’ad sebagai Pahlawan Nasional. Kamis (28/09/23)

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Sekretaris Daerah, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Wajo Ibu Ir. Armayani, M. Si. bersama dengan Kepala Dinas Sosial, P2KP3A Bapak H. Ahmad Jahran, AP., M. Si. dengan agenda pembentukan Tim Kerja Tingkat Kabupaten.

Turut hadir pada rapat tersebut, dari unsur PP Pontren As’adiyah Pusat diwakili oleh Anregurutta Dr. HM. Yunus Pasanreseng A.Padi (Dewan Pembina) bersama Gurutta Drs. H. Andi Muh. Hasbi Gani, M. Si (Sekretaris Jenderal).

Dari unsur ahli waris Anregurutta KH M. As’ad diwakili Bapak Asri, S.Sos.,MM, Lukman Yahya, SE dan 1 orang kerabat lainnya yakni cucu dari Anregurutta.

Dalam arahan Sekertaris Daerah Wajo , mengatakan bahwa pengusulan ini Insya Allah akan kita kawal terus dari awal sampai tuntas dengan melakukan persiapan – persiapan yang diperlukan, terkait dengan persyaratan untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional.

kami jamin dan yakin bahwa pada sosok Anregurutta KH. M. As’ad sudah sangat memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional, sejak dulu kita kenal sosok, kiprah dan perjuangan Anregurutta bukan hanya di Daerah Wajo akan tetapi sudah dikenal seantero nusantara bahkan di luar negeri pun juga. ujarnya

Apalagi proses dan pengusulan ini dikolaborasikan dengan 3 komponen yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo, Pengurus Pusat As’adiyah dan Ahli Waris, sehingga yang kita perlukan adalah mengumpulkan seluruh dokumen – dokumen yang dipersyaratkan dan hal ini menurut saya, tidak sulit bagi kita. sambungnya

Sementara Kadis Sosial, menyatakan kesiapannya, kami pun siap untuk menindak lanjuti gagasan dan harapan tersebut karena secara teknis memang hal ini menjadi bidang tugas dan tanggung jawab kami, dan sangat berharap dukungan dan supportnya baik dari Gurutta PP As’adiyah maupun dari Ahli Waris, karena hal ini butuh proses dan prosesnya panjang, tuturnya.

Anregurutta H. M. Yunus Pasanreseng Andi Padi selain sebagai Dewan Pembina PP As’adiyah juga sebagai Rektor IAI As’adiyah menyatakan siap untuk memenuhi segala persyaratan yang diperlukan khususnya data dan informasi yang bersumber dari PP As’adiyah termasuk penyusunan Naskah Akademik.

Sementara Gurutta Sekretaris Jenderal H. Muhammad Hasbih Gani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo khususnya kepada Sekretaris Daerah dan Kadis Sosial bersama jajarannya yang telah memberikan perhatian dan fasilitas

Gurutta H. Muhammad Hasbih, jelaskan bahwa sesungguhnya wacana pengusulan gelar Pahlawan Nasional pada Anregurutta KH. M. As’ad sejak dulu sudah digulirkan akan tetapi baru kali ini benar-benar terwujud, seiring dengan hal ini, Anregurutta Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA sejak awal dikukuhkannya sebagai Ketua Umum sudah mempermaklumkan bahwa proses usul penganugerahan Anregurutta KH. M. As’ad sebagai Pahlawan Nasional adalah sebagai agenda utama yang harus diseriusi.

Lebih lanjut, Gurutta SekJend beharap kepada ibu Sekretaris Daerah dan Bapak Kadis Sosial , mudah-mudahan di era ibu SekDa dan bapak Kadis Sosial proses penganugerahan ini terwujud sebagaimana harapan kita bersama dan tentu saja sejarah mencatatnya, sekali lagi semoga menjadi jariah dan bernilai ibadah. pungkasnya

Diketahui Pondok Pesantren As’adiyah didirikan oleh Al-Alimu AlAllamah Anre Gurutta Kiai Haji Muhammad As’ad Al-Bugisi yang lahir di tanah suci Mekkah pada tahun 1902, dan meninggal dunia pada tahun 1952 di Sengkang Kabupaten Wajo

Anregurutta KH. M. As’ad salah seorang ulama berdarah Bugis. Tempatnya lahir dan tumbuh besar memang di Makkah al-Mukarramah, Kendati demikian, Anregurutta memiliki jejak kiprah atau pengaruh besar di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. Tidak sedikit ulama Bugis yang pernah berguru kepadanya. (jo)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org