Senin, 17-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Peneliti As’adiyah Memaparkan Kajian Ekologi dan Pesantren di The First ICRSS 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Media Center As’adiyah- The First International Conference on Religion, Scriptures & Scholars (ICRSS) 2023 adalah acara konferensi internasional yang menyeleksis makalah-makalah ilmiah para akademisi. Konferensi ini menyajikan kesempatan bagi para akademisi yang terpilih untuk berbagi wawasan mereka dalam ranah akademik, terutama dalam konteks studi Islam. Organisasi ini diinisiasi oleh Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI) dengan fokus pada isu-isu ekologi dan upaya untuk menyediakan solusi terhadap tantangan ekologi tersebut dengan pendekatan berlandaskan agama. Tema konferensi ini adalah “Reinterpretation and Exploring the Ecological Spirit within Sacred Text.”

Dalam kompetisi ketat, sebanyak 87 makalah akademik berhasil terpilih dari total 116 makalah yang masuk, dengan partisipasi aktif dari akademisi dalam dan luar negeri. Satu di antara peneliti yang berpartisipasi dalam konferensi bergengsi ini adalah Saddam Husain, M.A., yang merupakan bagian dari Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang. Ia dan rekannya, Andi Eki Dwi Wahyuni, S.Pd., M.Pd., telah menyusun makalah berjudul “Green Pesantren dalam Mewujudkan Kesalehan Ekologis dan Ketahanan Pangan di Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang.” Makalah ini membahas peran pesantren dalam menjalankan praktik kesalehan ekologis dan ketahanan pangan, yang menjadi kontribusi berharga terhadap isu-isu ekologi saat ini.

Selain itu, Dr. Tarmizi Tahir, M.Hi., yang merupakan mahasantri di Ma’had Aly As’adiyah Sengkang, juga mengambil peran dalam konferensi ini. Ia menyusun makalah berjudul “Penguatan Ḥifẓ Al-Bī’ah (Memelihara Lingkungan) di Pondok Pesantren Perspektif Maqāṣid Al-Syarī’ah.” Makalahnya mengangkat isu penting mengenai pemeliharaan lingkungan dalam perspektif Maqāṣid Al-Syarī’ah dan memberikan wawasan yang mendalam mengenai bagaimana pesantren dapat berkontribusi dalam melestarikan alam.

Kedua peneliti kebanggaan As’adiyah ini akan mempresentasikan makalah mereka pada tanggal 25 Oktober 2023. Konferensi ini akan diadakan secara hybrid, memungkinkan peserta untuk mengikuti melalui Zoom dan hadir langsung di Masjid Istiqlal Jakarta.

Seluruh makalah yang terpilih akan diterbitkan di jurnal-jurnal terakreditasi Sinta, sementara sisanya akan dicetak dalam bentuk buku yang memenuhi standar nasional, dengan masing-masing artikel mendapatkan nomor ISBN sehingga dapat menjadi bagian dari buku kolektif yang bermanfaat dalam perkembangan studi ekologi dan pesantren. (nm)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org