Sabtu, 27-07-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

ANBK SDA Pusat Sengkang: Transformasi dalam Evaluasi Pendidikan

Diterbitkan : - Kategori : SDA

Wajo (Media Center As’adiyah) – Lantai 2 SDA Pusat Sengkang menjadi tempat pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) yang diselenggarakan pada 30 Oktober 2023 hingga 01 November 2023. ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Kegiatan ini tidak hanya mencermati peserta didik, tetapi juga merangkul seluruh ekosistem pendidikan yang ada di Madrasah.

ANBK merupakan gebrakan yang menggantikan Ujian Nasional, mengubah paradigma evaluasi pendidikan di Indonesia. Lebih dari sekadar mengukur pencapaian individu peserta didik, ANBK bertujuan untuk menyempurnakan mutu pembelajaran dan hasil belajar mereka. Kemendikbud telah memperkenalkan ANBK sebagai wujud perubahan dalam mengevaluasi sistem pendidikan.

Kendati demikian, ANBK tidak hanya sekadar menilai pencapaian peserta didik secara mandiri. Program ini lebih jauh, mengawasi dan merinci seluruh aspek pendidikan, mulai dari input, proses, hingga output. Inisiatif ini menghadirkan pandangan holistik mengenai pendidikan nasional, dan menitik beratkan pada peta pembelajaran yang lebih komprehensif untuk perbaikan pendidikan.

Selama masa ANBK, para peserta didik di SDA Pusat Sengkang menghadapi tes computer seputar seluruh peta pembelajaran di SDA bagaimana mereka. Hasil evaluasi ANBK akan memberikan informasi bagi pihak terkait dalam mengidentifikasi tantangan dan peluang pendidikan di madrasah.

ANBK di SDA Pusat Sengkang adalah salah satu tonggak penting dalam perjalanan transformasi pendidikan Indonesia. Hal ini menggarisbawahi tekad pemerintah dalam mengembangkan metode evaluasi yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Evaluasi bukan lagi sekadar angka-angka, melainkan sebuah alat untuk perubahan yang lebih besar dalam sistem pendidikan kita. ANBK adalah bukti komitmen untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih cerah dan berdaya saing.(nm)

                                                                         

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org