Sabtu, 20-04-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah: MTs As’adiyah Putra dan Putri Berperan Aktif dalam Membangun Partisipasi Anak

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Wajo (Media Center As’adiyah) – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan tanggung jawab kepada MTs As’adiyah Putra dan Putri sebagai fasilitator tempat dan peserta dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah pada tanggal 15 November 2023. Kegiatan ini menjadi suatu langkah penting dalam mendukung peran aktif pemerintah dalam menyediakan wadah bagi partisipasi anak-anak dalam menyuarakan aspirasi, pandangan, dan kebutuhan mereka dalam proses pembangunan.

Kegiatan ini diselenggarakan secara bergiliran di MTs As’adiyah Putra dan Putri. Forum Anak di MTs As’adiyah Putri dilaksanakan pada pukul 08.00 – 11.00 WITA, sementara di MTs Putra diadakan pada 13.00 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Madrasah, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Pengurus Komite, Pengurus Forum Anak Sekolah, Pengurus Forum Anak Tomaradeka Wajo, Duta Anak Kabupaten Wajo 2023, serta santri dan santriwati madrasah.

Dua narasumber penting diundang untuk memberikan wawasan kepada peserta kegiatan. Pertama, Andi Nilawati Ridha, Direktur Yayasan People Care, yang juga merupakan Fasilitator Konvensi Hak Anak. Ibu Andi Nilawati memberikan pemahaman mendalam tentang peran anak sebagai agen pelopor dan pelapor. Selain itu, beliau menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan agen pelopor dan agen pelapor, serta bagaimana anak-anak dapat aktif berperan dalam kedua peran tersebut.

Narasumber kedua, Andi Satriani, SKM., M.Kes, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, memberikan informasi tentang Pengembangan Sekolah Ramah Anak. Ibu Andi Satriani menjelaskan konsep sekolah ramah anak, yang melibatkan berbagai aspek yang perlu diperhatikan agar suatu sekolah dapat dianggap sebagai Sekolah Ramah Anak. Dengan penjelasan yang mendalam, beliau memberikan pemahaman tentang pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman bagi perkembangan anak-anak.

Kegiatan ini menjadi momentum bagi MTs As’adiyah Putra dan Putri untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas Forum Anak Daerah. Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk narasumber yang kompeten, diharapkan anak-anak dapat semakin aktif berpartisipasi dalam pembangunan daerah mereka. Pemerintah, melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, telah memberikan dorongan positif dalam mengembangkan partisipasi anak-anak sebagai agen pembangunan di tingkat daerah.(nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org