Kamis, 29-02-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Dua Alumni Terbaik As’adiyah Raih Gelar Guru Besar di UIN Alauddin Makassar

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Media Center As’adiyah- Pondok Pesantren As’adiyah, lembaga pendidikan Islam yang terkenal dengan prestasi unggulannya, kembali mencatatkan pencapaian gemilang. Pada tanggal 28 November 2023, dua alumni terbaik As’adiyah, yakni Prof. Dr. H. Kamaluddin Abu Nawas, M.Ag dalam Bidang Linguistik Arab, dan Prof. Dr. H. A. Marjuni, M.Pd.I dalam Bidang Ilmu Pendidikan Islam, resmi dikukuhkan sebagai guru besar di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Acara pengukuhan berlangsung di Gedung Auditorium UIN Alauddin Kampus II.

Penghargaan ini menjadi suatu kebanggaan bagi Pondok Pesantren As’adiyah, yang terus berkomitmen untuk mencetak ulama-ulama terbaik yang mampu berkarya dan memberikan kontribusi positif dalam berbagai bidang, khususnya di bidang akademis dan keagamaan.

Dalam orasinya, Prof. Dr. H. Kamaluddin Abu Nawas menyampaikan pemikirannya mengenai tantangan mahasiswa Indonesia terhadap perubahan demografi. Ia menguraikan dampak globalisasi yang menyebabkan perubahan demografi di seluruh dunia, dan mengajak untuk melakukan diskusi akademik guna mengeksplorasi transisi demografi, agama, politik, ekonomi, dan peraturan yang terus berkembang. Gurutta Prof. Dr. H. Kamaluddin berkomitmen untuk menjalankan penelitian mendalam mengenai hubungan antara penguasaan bahasa Arab, religiusitas, dan preferensi politik dengan ketakutan kaum muda terhadap perubahan demografis.

Sementara itu, Prof. Dr. H. A. Marjuni memfokuskan pidatonya pada transformasi pendidikan Islam di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Ia menggarisbawahi peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan islam, sejalan dengan pembangunan di berbagai sektor. Namun, Prof. Dr. H. A. Marjuni juga menyoroti perubahan paradigma pendidikan yang semakin banyak menghasilkan pendidik yang berorientasi birokrat, tanpa memadai dalam membentuk sikap keberagamaan yang moderat. Ia menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara kompetensi akademik dan sikap keberagamaan moderat dalam mendidik generasi muda Indonesia.

Prestasi kedua guru besar ini tentu menjadi inspirasi bagi generasi muda As’adiyah, menandakan bahwa pendidikan yang diberikan oleh Pondok Pesantren As’adiyah mampu melahirkan intelektual yang berkompeten dan berdedikasi tinggi.(nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org