Minggu, 14-07-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Pengajian Khusus Pondok Pesantren As’adiyah bersama Anre Gurutta Prof. Nasaruddin Umar: Memahami Antara Nama dan Yang Dinamai

Diterbitkan : - Kategori : Pengajian

Media Center As’adiyah – Dalam perenungan mendalam akan makna nama, terbukalah pintu keagungan yang tersembunyi di balik setiap kata. Dalam pengajian kali ini, Anre Gurutta Prof. Nasar menjelaskan bahwa nama bukan sekadar rangkaian huruf, namun sebuah doa yang tersemat dalam identitas, sebuah jalan menuju berkah yang terang. Antara nama dan yang dinamai, terdapat ikatan yang kental, sebuah hubungan yang tak terpisahkan.

Mengamati keajaiban alam semesta dan segala isinya, kita disadarkan bahwa setiap entitas memiliki identitas yang tersemat dalam namanya. Bahkan, Tuhan sendiri memiliki nama yang paling agung, yang mencerminkan keesaan dan keberadaan-Nya yang mutlak: Allah. Dalam pandangan kosmologi Islam, alam semesta ini adalah manifestasi dari keberadaan Allah SWT.

“Darimana alam semesta ini berasal?” tanya Anre Gurutta Prof. Nasar. Dengan bijak, Anre Gurutta menjelaskan bahwa alam semesta ini bersumber dari Allah SWT. Segala hal yang ada di muka bumi ini, dari yang besar hingga yang kecil, semuanya berasal dari-Nya. Sebelum diciptakan, alam semesta ini berada dalam bayangan Allah, menunggu untuk diwujudkan.

Anre Gurutta Prof. Nasar menjelaskan dengan penuh kearifan bahwa di mana pun kita berada, kita bisa melihat kehadiran Allah. Kita bisa melihat-Nya dalam samudra yang luas, mencerminkan kebesaran-Nya yang tak terhingga. Begitu pula ketika kita mengangkat pandangan ke langit yang tinggi, kita melihat kebesaran-Nya yang maha menjulang. Setiap entitas di alam semesta ini, mulai dari gunung hingga air yang mengalir, semuanya merupakan manifestasi dari nama-nama Allah.

Dari sinilah kemudian kita bisa memahami konsep tauhidul asma’, yang mengajarkan penyatuan nama-nama Allah. Setiap nama yang ada di alam semesta ini, pada hakikatnya, adalah nama Allah juga. Sebagai santri, kita diajak untuk memahami bahwa semua nama tersebut membawa kita pada satu kesatuan, yakni keberadaan Allah yang maha esa.

Dengan demikian, dalam perenungan akan nama-nama yang ada di alam semesta, mari kita renungkan bahwa setiap entitas adalah doa yang hidup, mengingatkan kita akan kebesaran Sang Pencipta. Dan dalam setiap langkah yang kita ambil, mari kita selalu mengingat nama-Nya, karena dalam nama-Nya tersemat segala kekuatan dan keagungan.(nm)

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org