Kamis, 18-07-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Gelar Kuliah Awal Sanah Hadirkan Dr. H. Muhlis Muhammad Hanafi, Lc., MA

Diterbitkan : - Kategori : Pengajian

Media Center As’adiyah – Ma’had Aly As’adiyah Sengkang menggelar Kuliah Awal Sanah pada Selasa, 25 Juni 2024, yang berlangsung di Kampus IV Ma’had Aly. Acara ini dihadiri oleh segenap pembina Ma’had, dosen Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang, serta para mahasantri Ma’had Aly. Untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang relevansi Al-Qur’an dalam kehidupan modern, acara ini menghadirkan Kepala Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an, Dr. H. Muhlis Muhammad Hanafi, Lc., MA, sebagai pembicara utama.

Dalam kuliah umum yang bertajuk “Tafsir Al-Qur’an dan Tantangan Kehidupan Kontemporer: Globalisasi, Modernisasi, dan Pluralisme Budaya,” Dr. Muhlis membuka pemaparannya dengan menegaskan bahwa setiap ayat Al-Qur’an mengandung petunjuk dan hikmah yang konsisten sepanjang masa. “Setiap ayat Al-Qur’an mengandung petunjuk dan hikmah,” ujar Dr. Muhlis di hadapan para hadirin.

Beliau menekankan bahwa meskipun ayat-ayat Al-Qur’an tetap sama sejak masa Nabi, isinya selalu relevan dengan perkembangan zaman, termasuk era globalisasi yang semakin canggih ini.

Dr. Muhlis menjelaskan bahwa Al-Qur’an tidak hanya membahas aspek spiritual, tetapi juga mencakup berbagai aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Menurut gurutta, Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang menyeluruh dan tetap relevan untuk menyikapi berbagai perubahan dan tantangan di masa kini. Kerelevanan Al-Qur’an bisa dibuktikan menggunakan kajian-kajian dari Ilmu Tafsir. Inilah peran besar ilmu tafsir yang memberikan penjelasan lebih rinci akan hikmah yang dituliskan Al-Qur’an.
Kuliah umum ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang tafsir Al-Qur’an, tetapi juga membekali para peserta dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menghadapi tantangan globalisasi, modernisasi, dan pluralisme budaya melalui perspektif Al-Qur’an.

Dr. Muhlis menekankan bahwa memahami dan menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari adalah kunci untuk mengatasi tantangan kontemporer dengan bijaksana.

Acara Kuliah Awal Sanah di Ma’had Aly As’adiyah Sengkang ini diharapkan dapat memperkuat komitmen para mahasantri dalam mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang abadi, relevan, dan aplikatif dalam setiap aspek kehidupan modern.

Dengan demikian, Ma’had Aly As’adiyah Sengkang terus berupaya menjadi pusat pendidikan yang tidak hanya menekankan pada pemahaman ilmu agama secara mendalam tetapi juga mampu menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan zaman, sebagaimana yang tercermin dalam kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. H. Muhlis Muhammad Hanafi, Lc., MA. (nm)

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org