Rabu, 10-07-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

As’adiyah Turut Serta Membangun Keterampilan Multimedia dengan Mengikuti Program Multimedia Dana Abadi Pesantren

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Media Center As’adiyah – Sebuah inisiatif yang bernilai besar telah dirintis dalam wujud program Multimedia Dana Abadi Pesantren (DAP), yang menjadi hasil kolaborasi antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama RI (Kemenag RI). Program ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam pembangunan karakter, tetapi juga memberikan landasan kuat bagi para santri untuk menggali potensi mereka dalam dunia digital.

Dari seluruh peserta yang berjumlah 293 orang, 72 santri berbakat dari berbagai penjuru Indonesia telah memilih untuk menjalani pelatihan ini. Di antara mereka, terdapat tiga peserta yang berasal dari Pondok Pesantren As’adiyah, yang merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia timur yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga mendukung pengembangan keterampilan modern santrinya. Tiga peserta tersebut ialah Ahmad Hidayat dan Ways Al-Qarni dari As’adiyah Channel dan Muh. Irwan yang merupakan mahasantri Ma’had Aly As’adiyah.

Menyadari pentingnya pesan yang hendak disampaikan, para peserta dilatih secara intensif selama periode program, yang berlangsung dari 18 Februari hingga 18 Maret 2024. Setiap harinya, mereka menghadiri pelatihan di kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, untuk memperdalam pemahaman mereka dalam bidang-bidang seperti videografi, desain grafis, programing, dan branding.

Dr. Mahrus, M.Ag., selaku Ketua PMO Dana Abadi Pesantren, menjelaskan bahwa fokus utama dari program ini adalah untuk memberdayakan para santri agar mampu menyebarkan pesan-pesan positif, terutama dalam hal keagamaan dan perdamaian, melalui media sosial. “Pesantren memiliki potensi besar untuk menjadi sumber inspirasi dan kedamaian, terutama di tengah arus informasi yang kian deras di era digital ini,” ujarnya.

Salah satu peserta yang menarik perhatian adalah Ahmad Hidayat, yang mewakili As’adiyah Channel. Dia memandang program ini sebagai sarana yang sangat membantu dalam mengembangkan media pesantren. “Kami berharap dapat membuktikan bahwa karakter santri memiliki daya pengaruh yang kuat dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyarakat luas,” ujarnya dengan penuh semangat.

Ahmad Hidayat mengungkapkan bahwa Santri sering kali di anggap tertinggal di bidang digital ini sehingga program ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan bakat sekaligus membuktikan kemampuan santri khususnya santri As’adiyah dalam mengelola alat-alat digital. Selain itu, dengan mengikuti program ini, diharapkan santri dan media pesantren bisa lebih mudah lagi menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada masyarakat karena kini mereka bisa mengemas dakwah dengan lebih kreatif dan unik sehingga bisa menarik minat semua kalangan.

Tak hanya sebagai pelatihan semata, program ini juga memiliki dampak jangka panjang yang signifikan. Mahrus menekankan pentingnya untuk menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada sesama santri setelah program ini berakhir. “Kami percaya bahwa kemajuan Indonesia sangat bergantung pada kemajuan para santri. Pesantren memiliki peran strategis dalam membentuk karakter pemimpin masa depan,” tandasnya.

Dengan semangat yang menggebu, para peserta DAP Multimedia Pesantren berkomitmen untuk terus mengembangkan diri dan menyebarkan nilai-nilai luhur melalui berbagai platform digital. Melalui kolaborasi antara LPDP dan Kemenag RI, diharapkan terbentuklah generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan mampu memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan agama.(nm)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org