Selasa, 28-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

IAI As’adiyah Turut Andil dalam Membangun Generasi Qur’ani Menuju Era Society 5.0 dengan Mengadakan Musabaqah Hifdzil Qur’an

Diterbitkan : - Kategori : IAI As'adiyah

Media Center As’adiyah – Dalam rangka membangun Generasi Qur’ani yang memiliki dedikasi tinggi dan berprestasi, serta mengawali era Society 5.0 dengan penuh semangat, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) IAI kembali digelar. Kegiatan ini diselenggarakan oleh UKM Jam’iyatul Qurra Wal Huffazh (JQH) di bawah naungan Institut Agama Islam (IAI) pada tanggal 1-3 Maret 2024.

JQH, sebagai wadah edukasi dan pembinaan mahasiswa terkait Al-Qur’an, memegang peranan penting dalam menyelenggarakan acara ini. Mulai dari pembelajaran dasar membaca Al-Qur’an hingga kajian-kajian mendalam tentang ilmu Al-Qur’an, JQH turut berperan dalam membentuk individu-individu yang berlandaskan pada ajaran suci Al-Qur’an.

MHQ tidak hanya sekadar kegiatan lomba, namun juga sebagai momen penting untuk menjalin silaturahim antar pelajar dan pengembangan potensi di masa depan. Melalui kegiatan ini, diharapkan IAI dan JQH mampu berperan aktif dalam mencetak generasi yang memiliki kualitas Qur’ani.

Kegiatan perlombaan MHQ melibatkan penugasan hafalan Al-Qur’an, termasuk aspek makhroj, kelancaran hafalan, dan penerapan tajwid. Lomba ini diikuti oleh siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA serta Lembaga Tahfidz se-Kabupaten Wajo dengan kategori hafalan 1 juz, 5 juz, dan 10 juz. Musabaqah Hifdzil Qur’an ini berlangsung selama tiga hari dengan kategori lomba hafalan Al-Qur’an 1, 5, dan 10 juz. Lomba akan dilasanakan di tiga titik di IAI yaitu di aula 1, 2, dan 4 IAI As’adiyah Sengkang.

Tujuan dari kegiatan ini sangat mulia. Selain untuk mempererat tali silaturahim, MHQ juga menjadi wadah untuk melaksanakan syiar Islam, meningkatkan budaya Islam di tengah masyarakat, merefleksi diri menuju insan yang bertakwa kepada Allah SWT, dan tentunya meningkatkan semangat muroja’ah Al-Qur’an.
Dengan demikian, Musabaqah Hifdzil Qur’an IAI tidak hanya sekadar ajang lomba, namun juga menjadi cerminan dari semangat untuk membentuk generasi yang berlandaskan pada nilai-nilai Al-Qur’an, sesuai dengan semangat perubahan menuju era Society 5.0.(nm)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org