Senin, 24-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Serah Terima Tanah Wakaf di Palopo: Mengokohkan landasan agama islam dan Keterikatan Budaya Lokal

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Media Center As’adiyah – Gurutta Drs. H. Andi Hasbi Gani, M.Si, sebagai Sekertaris Jendral Pondok Pesantren As’adiyah, memimpin kunjungan ke Palopo untuk meresmikan serah terima tanah yang akan diwakafkan. Ditemani oleh Drs. H. M. Rafiy Rasyid, M.HI, selaku Bendahara Umum As’adiyah, serta wakil dari divisi wakaf, pada 5 Maret 2024, mereka bersama-sama meninjau wilayah yang akan diberikan kepada Pondok As’adiyah untuk dikelola.

Tanah wakaf ini, seluas 6 hektar, merupakan sumbangan dari masyarakat lokal. Penyerahannya sendiri dilakukan oleh pemimpin adat setempat, yang dihormati dengan gelar tomakaka.

Meski tanah ini telah menarik minat beberapa pihak yang berniat membangun pondok pesantren, Tomakaka dan masyarakat setempat lebih memilih menganugerahkannya kepada Pondok Pesantren As’adiyah. Mereka berkeyakinan bahwa pondok pesantren ini sesuai dengan nilai-nilai budaya dan adat istiadat setempat.

Keputusan tersebut tidaklah sembarangan. Salah satu alasan kuatnya adalah hubungan emosional yang erat antara ketua adat Tomakaka dengan Prof. Nasaruddin Umar, Ketua Umum Pondok Pesantren As’adiyah. Keduanya pernah mengenyam bangku sekolah bersama sehingga hubungan emosional keduanya cukup erat.

Dengan serah terima tanah wakaf ini, Pondok Pesantren As’adiyah bukan sekadar mendapat lahan untuk membangun, namun juga mengokohkan ikatan yang kuat dengan masyarakat lokal. Ini merupakan langkah penting dalam memperkokoh landasan agama islam dan keterikatan budaya yang perlu dijaga bersama-sama.(nm)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org