Kamis, 13-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Pondok Ramadhan Ma’had Aly As’adiyah Sengkang: Memperkaya Spiritualitas dan Penguasaan Bahasa Arab

Diterbitkan : - Kategori : Mahad Aly

Media Center As’adiyah – Dalam suasana bulan suci Ramadhan, Ma’had Aly As’adiyah Sengkang kembali menggelar Pondok Ramadhan, sebuah program ekstrakurikuler yang menekankan kegiatan keagamaan. Kegiatan tahunan ini, yang berlangsung sepanjang bulan Ramadhan, meliputi beragam upaya keagamaan seperti tadarus Alqur’an, salat berjamaah, sesi belajar kelompok, dan aktivitas positif lainnya.

Pondok Ramadhan menjadi bukti komitmen Ma’had Aly As’adiyah Sengkang dalam memperkaya spiritualitas dan penguasaan bahasa Arab bagi para santrinya. Selama beberapa tahun terakhir, program ini telah menjadi agenda rutin Madrasah, dengan fokus khusus pada peningkatan kemampuan bahasa Arab dalam aspek-aspek seperti tata bahasa (Qawaid), percakapan (Muhadasah), kosakata (Mufradat), dan tilawah Alqur’an yang merdu (Tahsin al-Qur’an). Meskipun kegiatan terbuka untuk umum, akan tetapi mahasantri semester dua Ma’had Aly diwajibkan untuk berpartisipasi demi mendukung pengembangan pengetahuan mereka terhadap materi yang akan disampaikan. Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasantri semester dua akan terbantu secara akademik karena materi yang diberikan pada Pondok Ramadhan ini merupakan materi dasar yang seharusnya dimiliki para mahasantri Ma’had Aly. Sehingga mereka tidak akan kesulitan mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya.

Ada dua tujuan utama dalam kegiatan Pondok Ramadhan ini yaitu untuk memperkuat kualitas keseluruhan para santri dan memperluas pemahaman mereka terhadap nuansa bahasa, aturan tata bahasa, kosakata, tilawah Alqur’an, dan sebagainya. Dipimpin oleh tim pendidik yang kompeten dari Al-Azhar Pare Kediri, yang terkenal dengan profesionalisme dan keahliannya, program ini menjamin lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran menyeluruh dan pertumbuhan spiritual mahasantri.

Dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 5 hingga 26 Ramadhan 1445 H, jadwal program telah dirancang secara hati-hati untuk mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan holistik:

  1. Muhadatsah: Mendorong kemampuan berbicara dalam bahasa Arab.
  2. Qawaid: Menyelami kedalaman tata bahasa Arab.
  3. Mufradat: Memperluas kosakata melalui studi akar kata.
  4. Tahsin Qira’ah Alqur’an: Memperindah seni bacaan Alqur’an yang merdu

Saat Pondok Ramadhan kembali bergulir, Ma’had Aly As’adiyah Sengkang mengukuhkan komitmennya untuk tidak hanya memperdalam kegairahan beragama tetapi juga penguasaan bahasa Arab bagi para santrinya, membuka jalan bagi pertumbuhan holistik mereka dan kontribusi mereka bagi masyarakat.

Dengan demikian, Pondok Ramadhan Ma’had Aly As’adiyah Sengkang sekali lagi menegaskan perannya sebagai wahana pengembangan spiritualitas dan kecakapan bahasa bagi para santri. Dalam semangat Ramadhan yang penuh berkah, program ini tidak hanya menciptakan suasana yang memperdalam ibadah, tetapi juga memperkaya pengetahuan dan keterampilan linguistik yang menjadi landasan bagi pengembangan diri yang holistik. Diharapkan bahwa melalui partisipasi aktif dalam Pondok Ramadhan, para santri dapat terus mengukir prestasi dalam perjalanan spiritual dan intelektual mereka, serta menjadi teladan bagi masyarakat luas.(nm)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org