MTs. As’adiyah Pusat Puteri 1 Sengkang ikuti kegiatan pelatihan PIK-R yang dirangkaiakan pula dengan pelatihan UKS dari tanggal 8 s.d 22 Februari 2019 di Aula MTs. As’adiyah Puteri 1 Jalan KH. Muhammad As’ad Sengkang.

Selain diadakan di lingkungan Sekolah kegiatan tersebut juga digelar di Taman Padduppa Jalan Sungai Walannae yang berlokasi dekat dengan terusan danau Tempe yang melintang di pingir kota Sengkang.  Acara tersebut dikemas semenarik mungkin dengan memadukan games dan edukasi bermanfaat.

Herwin selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa pelatihan ini selain materi pokok juga ada materi life skills dimana memberi arahan kepada santri dalam mengelola kehiduoan pribadinya, membantu santri dalam mempersiapkan masa depan, serta mengajarkan kepada santri untuk melaksanakan hobby bermanfaa.

Muatan materi-materi pada kegiatan tersebut diantaranya Napza, Human Immunodeficiency Virus –  Acquired Immuno Deficiency Syndrome  (HIV – AIDS), Kesehatan Reproduksi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Cara pengelolaan Organisasi, Fungsi Keluarga, Life Skills, tekhnik konseling dan Golongan Darah, dan yang menarik dalam kegiatan ini adalah dilakukan praktek uji golongan darah secara gratis bagi seluruh peserta yg belum mengetahui golongan darahnya

Semantara itu Kepala MTs. As’adiyah Puteri 1 Sengkang, Hj. Radhiyah Ilyas, mengatakan bahwa kegiatan ini wajib untuk seluruh santriwati, selain karena merupakan eksrakurikuler wajib, juga bertujuan mengajarkan santri berprilaku hidup bersih dan sehat, selain itu juga mengajarkan hak2 reproduksi dimana persiapan menghadapi masa pubertas, serta mengajarkan anak2 untuk dapat berbicara, dan memberi penyuluhan.

Dalam kegiatan ini bekerja sama dengan narasumber dari beberapa instansi yakni Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Wajo, POLRES Kab. Wajo, Forum Generasi Berencana (GenRe) Kab. Wajo, Duta Generasi Berencana (GenRe), dan Kelompok Pendukung Anti HIV/AIDS Kab. Wajo.