MTs As’adiyah Puteri I Satu-satunya Sekolah Mewakili Sulawesi Selatan Maju ke Grand Final MYRES 2022 Tingkat Nasional

MTs. As’adiyah Puteri I Sengkang lolos ke grand final setelah melalui beberapa tahap seleksi dan menyisihkan 9.214 judul proposal dalam kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agaman Republik Indonesia.

Di bawah pimpinan ibu Hj. Sitti Radhiyah Ilyas, S.Ag, MM selaku Kepala MTs. As’adiyah Putri I Sengkang mengatakan “Lomba MYRES adalah lomba yang sangat kompetitif karena bersaing dengan seluruh Madrasah se-Indonesia. Kami sangat terharu dan bangga atas pencapaian mereka bisa sampai di tahap ini dan kami berharap penelitian ini bisa bermanfaat dan berkelanjutan di kemudian hari”.

Siswi MTsS As’adiyah Putri I Sengkang yang mengikuti lomba MYRES yakni Khoirul Nadya dan Asvyanda Auliamulya Pusponegoro merupakan dua siswi dari kelas IX MTsS As’adiyah Putri I Sengkang. Adapun judul penelitiannya “Pengaruh Populasi Ikan Sapu-sapu (Pterygoplichthys pardalis) di Danau Tempe terhadap Tangkapan Ikan Ekonomis”.

Khoirul Nadya selaku peneliti pertama menjelaskan seberapa besar pengaruh populasi ikan sapu-sapu dan solusi pemulihan tangkapan ekonomis.

Sebelum melakukan pengumpul data, mereka melakukan pemantapan perencanaan tim, selanjutnya koordinasi dengan Dinas Perikanan. Penelitian ini diapresiasi oleh bapak Ambo Asse, S.H, M.AP selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap.

Pengumpulan data dilakukan dengan observasi sekaligus wawancara mendalam di lingkungan Baru Orai dan Desa Laelo Kecamatan Tanasitolo. Kemudian melakukan Focus Grup Discussion di Desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu untuk menemukan solusi.

Hasil yang ditemukan adalah ikan sapu-sapu memberikan pengaruh yang sangat besar bagi nelayan dan solusi pemulihan kembali hasil tangkapan ikan ekonomis adalah dengan cara memanfaatkan ikan sapu-sapu menjadi bernilai ekonomis juga penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan.

Saat ini kedua santriwati sedang mempersiapkan diri ke Grand Final yang nantinya akan melakukan presentasi dan Expo pada tanggal 10 – 12 Oktober 2022 di Jakarta.