Jumat, 19-07-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Pembukaan MGMP Bahasa MTs As’adiyah Putri : Meningkatkan Profesionalisme dan Kolaborasi Guru

Diterbitkan : - Kategori : MTs Putri

Sengkang (Media Center As’adiyah) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa dilaksanakan di Madrasah MTs As’adiyah Putri Pusat Sengkang pada Selasa, 19 September 2023. Kegiatan ini mengusung tujuan yang sangat mulia. Dalam sebuah pertemuan ini, MGMP Bahasa ini digelar untuk memberikan peluang kepada para pendidik untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman.

Acara ini turut dihadiri oleh beragam elemen pendidikan yang terlibat dalam pembelajaran bahasa di Madrasah ini, termasuk guru-guru bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan bahasa daerah. Selain guru-guru tersebut, hadir pula Gurutta Kepala Madrasah MTs As’adiyah Putri Pusat Sengkang, Wakamad Kurikulum, serta Koordinator MGMP Bahasa.

MGMP Bahasa ini diinisiasi dengan beberapa tujuan utama yaitu meningkatkan mutu profesionalisme guru sebagai pilar pendidikan. Guru-guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme mereka dalam mengajar. Kemudian tujuan yang kedua ialah memperluas wawasan dan pengetahuan guru. MGMP memberikan peluang bagi guru-guru untuk mendalami materi pembelajaran serta penyusunan perangkat-perangkat pembelajaran yang inovatif.

Tujuan selanjutnya ialah mendiskusikan permasalahan guru. MGMP ini juga menjadi wadah untuk membahas permasalahan yang dihadapi oleh guru sehari-hari, dengan harapan dapat menemukan solusi bersama. Dan Tujuan utama yang terakhir ialah mendorong penulisan karya ilmiah sesuai bidangnya. Diharapkan agar para guru dapat menulis karya-karya ilmiah sesuai dengan bidang keahliannya, sehingga dapat berkontribusi lebih besar pada dunia pendidikan dan juga pada Madrasah.

Dalam pembukaan ini Gurutta Sumarni, S.Pd, selaku Wakamad Kurikulum, menyampaikan harapannya dalam pembukaan MGMP ini. Ia menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja para guru. Ia juga mengajak para guru bahasa untuk menjalankan tugas mereka dengan berdedikasi dan ikhlas. Wakamad Kurikulum menegaskan bahwa monitoring kegiatan ini akan menjadi tanggung jawabnya.

Selain itu, Gurutta Sumarni, S.Pd, juga menyampaikan rencana untuk membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai langkah nyata untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh guru. PTK ini diharapkan dapat menghasilkan solusi efektif dalam menyelesaikan masalah-masalah kelas.

Setelah Sepatah kata oleh Gurutta Sumarni, S.Pd, acara dilanjutkan dengan Sambutan hangat oleh Gurutta Sitti Radiyah Ilyah, S.Ag M.M., selaku Kepala Madrasah MTs As’adiyah Putri Pusat Sengkang. Beliau membagikan latar belakang terkait pemilihan MGMP Bahasa di tingkat Madrasah, yang semula tidak termasuk dalam daftar wajib MGMP. Namun, dengan semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, MGMP Bahasa pun diamanatkan.

Gurutta Hj. Sitti Radiyah Ilyah, S.Ag M.M. juga mendorong kerjasama antar guru untuk membuat pekerjaan pendidikan menjadi lebih ringan. Ia mengharapkan guru-guru dapat berdiskusi untuk meningkatkan kinerja mereka dan berbagi pengalaman dalam mengajar. Selain itu, guru juga diharapkan dapat membagikan setiap masalah yang mereka alami selama mengajar sehingga masalah tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi bersama.

Tak hanya itu, Gurutta juga mendorong para tenaga pendidik untuk selalu mendokumentasikan setiap program kerja yang mereka jalankan. Ia berpesan agar anggota MGMP bahasa tetap aktif dalam mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan, karena kehadiran mereka akan dilaporkan kepada Pondok Pesantren.

Pembukaan MGMP Bahasa ini menjadi tonggak awal bagi para guru di MTs As’adiyah Putri Pusat Sengkang untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Semoga semangat kolaborasi ini terus berkembang dan memberikan dampak positif pada mutu pendidikan di madrasah ini. (nm)

 

Pengumuman

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org