Minggu, 19-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Hasil Panen Sawah As’adiyah yang Dikelola Divisi Waqaf dan Yayasan Mencapai 25 Ton, As’adiyah Menggelar Panen Raya

Diterbitkan : - Kategori : Bumpes

Wajo (Media Center As’adiyah) – Pada tanggal 18 November, As’adiyah merayakan kesuksesan panen di areal persawahan yang dikelola dengan penuh dedikasi oleh divisi waqaf dan yayasan Pondok Pesantren As’adiyah. Letaknya yang strategis di Dusun Cabia, Kelurahan Tangkoli, Kecamatan Maniangpajo, membuat persawahan ini menjadi bukti keberhasilan dan kerja keras para petani.

Gurutta Wakil Ketua Umum, Dr. KH. Muhyiddin Tahir, M.Th.I, didampingi oleh Gurutta Drs. H. Arsyad Abdullah, Drs. H. M. Rafiy Rasyid, M.HI, bersama tim As’adiyah, mengunjungi areal persawahan untuk melihat secara langsung proses panen yang dilakukan oleh petani. Saat kunjungan tersebut, terlihat berkarung-karung padi tersebar di seluruh lahan persawahan, menjadi bukti nyata hasil jerih payah para petani.

Luas area persawahan As’adiyah di Dusun Cabia mencapai lebih dari 20 hektar, namun pada panen kali ini, yang dipanen sekitar 7,94 hektar. Meskipun terdampak oleh kemarau panjang yang menyebabkan 2 hektar lahan persawahan gagal panen, namun hasil panen mencapai angka luar biasa sekitar 25 ton. Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras dan ketekunan petani As’adiyah dalam merawat persawahan.

Gurutta Drs. H. Arsyad Abdullah sebagai bagian dari divisi waqaf menegaskan bahwa meskipun menghadapi tantangan dari cuaca yang tidak mendukung, keberhasilan ini menjadi bukti nyata komitmen dan semangat tinggi para petani As’adiyah. Mereka dengan gigih merawat persawahan, sehingga hasil panen yang memuaskan dapat tercapai.

Setelah kunjungan di Dusun Cabia, Gurutta dan tim melanjutkan perjalanan ke Data Ilau, Desa Wajoriaja. Di wilayah ini, area persawahan As’adiyah mencapai kurang lebih 7 hektar. Tak hanya itu, mereka juga menciptakan kolam penampungan air seluas 3000 m2 dengan kedalaman 5 meter.

Kolam penampungan air ini memiliki peran penting sebagai sumber air yang akan mengairi lahan persawahan As’adiyah di Data Ilau. Kolam ini berfungsi sebagai cadangan air untuk musim kemarau. Yaitu menjadi solusi jika padi sudah berbuah namun hujan belum turun, maka air dari kolam penampungan ini dapat dibuka untuk mengairi persawahan. Menariknya, kolam ini dirancang sedemikian rupa sehingga mirip dengan danau kecil, sehingga bisa pula digunakan untuk aktivitas memancing.

Kesuksesan panen raya As’adiyah bukan hanya sekadar pencapaian jumlah hasil panen yang mengesankan, tetapi juga menjadi cermin kebersamaan dan ketekunan dalam menghadapi berbagai tantangan. Melalui divisi waqaf dan yayasan, As’adiyah membuktikan bahwa ketekunan dan kebersamaan mampu menghasilkan keberhasilan yang luar biasa di bidang pertanian.(nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org