Senin, 17-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Memperkaya Hati dan Pikiran Melalui Tahsinul Qira’ah MTs As’adiyah

Diterbitkan : - Kategori : MTs Putra

Media Center As’adiyah – MTs As’adiyah menggelar kegiatan Tahsinul Qira’ah pada tanggal 12 Desember 2023 sebagai bagian dari program pasca ujian semester. Acara ini menjadi momen berharga bagi 860 santri kelas 8 dan 9, yang memiliki kesempatan untuk memperdalam kemampuan membaca Al-Qur’an.

Dalam wawancara dengan Ahmad Qadri Ilyas, sekretaris panitia Tahsinul Qira’ah, beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekadar pengelolaan nilai, tetapi juga merupakan upaya nyata untuk mendekatkan santri dengan Al-Qur’an. Melalui serangkaian kegiatan, madrasah berharap dapat melahirkan generasi yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Untuk melaksanakan program ini, MTs As’adiyah bekerjasama dengan mahasantri Ma’had Aly As’adiyah Sengkang yang berperan sebagai instruktur. Sebanyak 26 mahasantri terlibat sebagai fasilitator, memberikan bimbingan kepada para santri untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an.

Salah satu sorotan menarik dari Tahsinul Qira’ah ini adalah post test, di mana para santri didengar bacaan Al-Qur’an oleh mahasantri Ma’had Aly. Hasil dari post test ini digunakan untuk menentukan kelompok kelas masing-masing santri. Setelah pembagian kelompok, para santri dibawa ke kelas yang ditentukan untuk mendapatkan berbagai materi terkait pembacaan Al-Qur’an, seperti makharijul huruf dan hukum bacaan pada Al-Qur’an.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an, tetapi juga untuk memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam membaca kitab suci. Materi yang diberikan mencakup berbagai hal, termasuk makharijul huruf (tempat keluarnya huruf), hukum bacaan pada Al-Qur’an, dan berbagai konsep lainnya.

Tahsinul Qira’ah MTs As’adiyah merupakan langkah konkret dalam mengembangkan potensi santri sebagai generasi penerus yang memiliki kedekatan yang erat dengan Al-Qur’an. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi rangkaian acara biasa, tetapi juga menjadi awal dari perjalanan panjang para santri dalam menggali makna dan keindahan dari setiap ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an.(nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org