Sabtu, 08-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Memecahkan Problematika Ummat: Bahtsul Masail Mahasantri Ma’had Aly Se-Sulawesi Kalimantan

Diterbitkan : - Kategori : Mahad Aly

Media Center As’adiyah – Aula lantai 1 Kampus IV Ma’had Aly menjadi tempat berlangsungnya perhelatan besar, yakni Pembukaan Bahtsul Masail Mahasantri Ma’had Aly Se-Sulawesi Kalimantan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2024. Acara ini bertujuan untuk menggali peran mahasantri dalam memecahkan problematika ummat, menghadirkan 4 delegasi Ma’had Aly terkemuka, seperti Ma’had Aly DDI Mangkoso, Ma’had Aly Lathifiyah Parappe, Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember, dan tuan rumah Ma’had Aly As’adiyah Sengkang.

Sambutan pembukaan disampaikan dengan penuh semangat oleh Dewan Masyayikh Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah, AG. Drs. KH. Riyadhi Hamdah, M.Hi. Gurutta bukan hanya membuka acara secara resmi, tetapi juga menyampaikan apresiasinya kepada dewan Ma’had Aly yang berhasil menyukseskan acara ini. AG. Riyadhi Hamdah melingkupi acara dengan nuansa penuh kekaguman terhadap kegiatan Bahtsul Masail, yang menurutnya layak dijadikan sorotan nasional.

Gurutta Riyadhi Hamdah, menyatakan harapannya agar kegiatan ini memberikan solusi nyata terhadap persoalan-persoalan yang diangkat. Dalam pandangannya, Bahtsul Masail perlu digaungkan secara nasional, menjadi terang benderang bagi masyarakat. Gurutta mengajak mahasantri untuk membahas masalah-masalah yang biasa terjadi di masyarakat, serta isu-isu yang relevan sepanjang masa.

Meski demikian, Gurutta menekankan pentingnya merujuk pada pedoman yang telah digariskan, baik oleh ma’had maupun pengkajian dari kader-kader ulama. Dalam mengkaji dan menyelesaikan masalah, mahasantri diingatkan untuk tetap berpegang pada nilai-nilai yang telah menjadi landasan. Gurutta meyakinkan bahwa pemikiran mahasantri, jika disalurkan dengan baik, dapat menjadi sumbangan berharga dalam menyelesaikan masalah yang kerap melanda masyarakat.

Sebagai perwakilan dewan masyayikh, Gurutta menaruh harapan besar pada setiap mahasantri yang mengikuti kegiatan ini. Harapannya adalah agar mereka dapat mengikuti acara dengan baik hingga akhir, serta memberikan kontribusi pemikiran yang mendalam untuk menyelesaikan masalah yang kerap mendera ummat. Semangat Bahtsul Masail Mahasantri Ma’had Aly Se-Sulawesi Kalimantan menjadi pancaran cahaya, menunjukkan bahwa peran mahasantri memiliki bobot dan dampak besar dalam memecahkan problematika ummat.(nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org