Pengajian pesantren atau pengajian Khalaqah secara bahasa halaqah artinya lingkaran, dalam hal ini berarti lingkaran orang-orang yang duduk bersama dalam suatu majelis pengajian untuk bersama-sama mengkaji dan mempelajari Islam.  Pengajian kahlaqah ini suatu program yang mula mula dirintis oleh pendiri pondok Pesantren As’adiyah almarhum Gurutta Asy-Syekh al-alimul Allama H. Muhmmad As’ad Bin H. Abd. Rasyid. Suatu bentuk pendidikan yang tidak mempunyai kelas, hanya duduk bersila di Masjid Jami’ Sengkang.

12193826_1714469832120721_3418039186185004468_n

Dalam upaya eksistensi dan peranan pondok Pesantren As’adiyah sebagai lembaga dakwah dan pendidikan, maka majelis kepesantrenan dan pendidikan kader ulama telah melakukan berbagai kegiatan yakni

Pengajian Khalaqah pada tingkat pusat yang dilaksanakan pada enam tempat yaitu :

Masjid Ummul Qura Jalan Masjid Raya Sengkang khusus mahasantri Ma’had Aly Sengkang, Masjid Jami Jalan KH. M. As’ad Sengkang dengan dua Jadwal : malam hari untuk santriwati Mts putri satu dan dua, sore hari setelah shalat Ashar untuk santri khuffadz sedangkan untuk santri Mts putra satu dan dua di Masjid al-Ikhlas Lapongkoda Jalan Veteran Sengkang, Kampus Aliyah putra Macanang untuk santri Aliya putra As’adiyah, khusus santriwati Aliya putri pengajian diadakan di asrama dan untuk mahasantri Ma’had Aly Kalimantan Timur pengajiannya dilaksanakan di Masjid Istiqamah Lapongkoda Sengkang.

Kegiatan yang dilakukan dalam pengajian khalaqah ini adalah melakukan penyusuaian yang berkaitan dengan Syekh dalam pembinaanya maupun yang berkaitan dengan kitab – kitab yang digunakan. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan didahului pembacaan kita (materi) yang akan dibahas dalam pengajian.

Kita – kita yang digunakan dalam pengajian khalaqah selama ini adalah : Tafsir Jalalai, Shahi Bukhary, Sunan Abi Dawud, Muhazzab, Tanwir Qulub, Fathul Muin, Irsyadul Ibad, Mauizdatul Mu’minin dan Syahrul Hikam .

Dalam pengajian pensantren kita memanfaatkan Radio Suara As’adiyah dengan merelay secara langsung dan sasarannya diperuntukkan untuk guru – guru As’adiyah yang ada dicabang, juga para alumni As’adiyah yang diluar jangkauan bisa akses melalui streaming oline www.asadiyahsuara.net dan pengajian ini juga menjadi santapan rohani bagi masyarakat umum.