Sabtu, 15-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Perkampungan Bahasa Arab: Menggali Kearifan Bahasa Arab Dengan Arabic Camp di Kampus 4 Ma’had Aly

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Sengkang (Media Center As’adiyah) – Pada bulan September 2023, Kampus 4 Ma’had Aly menggelar sebuah kegiatan yang sangat istimewa. Kegiatan ini bertajuk “Arabic Camp” dikoordinir langsung oleh Ketua Panitia KM. Kasyipah Ilyas, S.Pd.I. Dengan semangat membara, para santri bersiap-siap untuk membenamkan diri dalam dunia bahasa Arab selama satu bulan penuh, mulai dari tanggal 1 hingga 30 September.

Perkampungan bahasa Arab ini diadakan di Kampus 4 Ma’had Aly dibuka secara resmi Gurutta Dr. KH. Muhyiddin Tahir, M.Th.I Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah, selaku Mudir Ma’had Aly dengan tujuan menjadikan bahasa Arab sebagai wadah pengekspresian para santri terhadap bahasa asing. Bahasa Arab tidak hanya dilihat sebagai alat komunikasi, melainkan juga sebagai wadah untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan identitas mereka.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran santri akan pentingnya bahasa Arab. Bahasa ini tidak hanya memiliki nilai religius, tetapi juga nilai budaya yang sangat kaya. Dengan memahami bahasa Arab, santri dapat memahami berbagai ilmu pengetahuan yang menggunakan bahasa Arab. Juga mempermudah santri yang memiliki rasa ingin tahu besar akan budaya Arab, mereka bisa mempelajarinya langsung dari literatur Arab.

Perkampungan bahasa Arab ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas program kerja lembaga bahasa, dalam hal ini Mahkamah Lugah, yang telah terbentuk sejak berdirinya PDF (Pendidikan Diniyah Formal Ulya As’adiyah Puteri Sengkang) di As’adiyah. Dengan berfokus pada bahasa Arab, lembaga ini dapat lebih efektif dalam mempersiapkan santri untuk menguasai bahasa ini dengan baik.

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, perkampungan bahasa Arab ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas berbahasa Arab bagi santri. Dalam dunia yang semakin global, kemampuan berbahasa Arab bukan hanya menjadi keunggulan, tetapi juga suatu keharusan. Melalui intensitas pembelajaran selama satu bulan penuh, santri diharapkan akan mampu berkomunikasi dengan lancar dan percaya diri dalam bahasa Arab.

Dengan segala tujuan mulia ini, Arabic Camp di Kampus 4 Ma’had Aly diharapkan akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi para santri. Mereka akan membawa pulang pengetahuan yang lebih dalam tentang bahasa Arab, pengalaman berharga, dan rasa bangga akan identitas mereka sebagai pemeluk budaya bahasa Arab. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal menuju penguasaan bahasa Arab yang lebih baik di kalangan santri dan memperkaya kualitas pendidikan di Kampus 4 Ma’had Aly.

 

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org