Jumat, 21-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Perkampungan Bahasa Arab MTs Putri : Menyemai Kecakapan Bahasa dan Kekompakan Santriwati 

Diterbitkan : - Kategori : MTs Putri

Media Center As’adiyah – Perkampungan Bahasa Arab MTs As’adiyah Putri Sengkang telah resmi dibuka pada tanggal 12 Februari lalu, bertepatan dengan upacara berdera yang penuh semangat. Tidak hanya sekadar perhelatan biasa, namun perkampungan ini dirancang untuk menjadi wadah yang menarik bagi santriwati-santriwati MTs As’adiyah Putri Sengkang untuk memperdalam bahasa Arab.

Saat ini, perkampungan sedang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 22 Februari 2024. Awalnya, para peserta diperkenalkan dengan suasana yang hangat melalui pertemuan perdana pada tanggal 17 Februari. Momen itu juga menjadi saat di mana pembagian kelompok dilakukan, tercipta 19 kelompok dengan masing-masing kelompok dipandu oleh seorang instruktur yang berpengalaman. Total instruktur yang terlibat adalah 20 orang, dipimpin oleh seorang koordinator instruktur yang bertugas mengoordinir jalannya kegiatan.

Kegiatan dimulai dengan suasana penuh keceriaan, dimulai dari tadarus dan shalat dhuha pada pukul 07.00 pagi. Kemudian dilanjutkan dengan absensi dan pemberian materi oleh para instruktur hingga pukul 17.00 sore. Format pembelajaran dilakukan dengan membuka kelas besar terlebih dahulu, diikuti dengan pembagian kelompok kecil untuk diskusi dan praktik langsung. Diakhir sesi, akan dibuka lagi kelas besar untuk mengevaluasi materi yang terlah diberikan di kelas.

Perkampungan Bahasa Arab ini diikuti oleh seluruh santriwati kelas VIII, dengan jumlah total 431 orang, termasuk di antaranya 11 santriwati yang berdedikasi menghapal Al-Quran. Tema yang diangkat kali ini terinspirasi dari surah Zukhruf ayat 3 yang berbunyi: “إِنَّا جَعَلْنَٰهُ قُرْءَٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ” yang berarti “Sesungguhnya Kami menjadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya)”.

Tujuan dari kegiatan perkampungan ini sangat jelas, yakni untuk membimbing santriwati agar memiliki kemampuan berbahasa Arab yang baik, terutama dalam konteks percakapan sehari-hari. Selain itu, diharapkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan antar santriwati kelas VIII, menciptakan ikatan yang kuat di antara mereka.

Dengan demikian, Perkampungan Bahasa Arab MTs As’adiyah Putri Sengkang telah menjadi ajang yang penuh makna bagi para santriwati dalam memperdalam bahasa Arab dan meningkatkan kekompakan di antara mereka.

Mealui pembelajaran yang intensif dan beragam kegiatan, diharapkan para peserta dapat mengambil manfaat yang besar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga semangat dan kebersamaan yang tercipta selama perkampungan ini dapat terus berlanjut dan menjadi fondasi bagi peningkatan prestasi serta pengembangan diri para santriwati di masa yang akan datang.(nm)

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org