Pengurus Besar As’adiyah bersama Yayasan gelar Rapat pleno dalam persiapan  Muktamar As’adiyah ke XIV tahun 2017 di Balikpapan Kalimantan Timur. dalam rapat tersebut dibuka secara resmi oleh Pimpinan Ketua Umum Pengurus Besar As’adiyah Pusat Sengkang Anre Gurutta Prof. Dr. H. M. Rafii Martan MA., dalam pembukaannya Gurutta menyampaikan bahwa sebelumnya rapat pleno sudah jauh sebelumnya diususlkan namun belum ada tindak lanjut.

 tmp_27983-20160809_100252-615630879

Dalam rapat tersebut membahas tentang evaluasi kinerja Pengurus Besar As’adiyah selama beberapa tahun ini dan yang menjadi pemimpin sidang rapat pleno Gurtta Dr. KH. Muhiddin Tahir, S.Ag.M.Th.I dimana beliau menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang menjadi pembahasan di antaranya laporan dari majelis pendidikan dasar dan menengah , majelis pendidikan tinggi, majelis program bidang kesekrtariatan, majelis kegiatan pesantren dan pengkaderan ulama, majelis ulama dan fatwa, majelis kerja sama antar lembaga, majelis sumber daya ekonomi pesantren, majelis pembedayaan perempuan, majelis pemuda olahraga dan laporan majelis informatika.

Laporan pertama dalam rapat tersebut disampaikan oleh Dr. H. Muh. Harta, M.Ag. (sekertaris bidang pendidikan) yang sebelumnya di ketuai  Alm. AG. KH. Abu Nawas Bintang. Dr. Harta dalam pemaparannya menyampaikan bahwat tingkatan tingkatan pendidikan di as’adiyah ada yang menilai kurang berkembang namun disatu sisi banyak kemajuan seperti tingkatan pendidikan menengah dan dasar secara rutin berjalan dengan lancar dengan bertambahnya penerimaan santri baru, serta beberapa cabang as’adiyah  mulai aktiv kembali  dengan bertambahnya peserta ujian.

Dilanjut laporan dari bidang pengelolaan aset As’adiyah oleh H.Muh. Yunus Panaungi SH ( Ketua DPRD Wajo) beliau menyampaikan bahwa Alhamdulillah untuk potensi pendapatan As’adiyah cukup besar  tinggal pengelolaan dan manejemennya yang di evaluasi kembali karna untuk beberapa aset masi ada yang belum mempunyai dasar kekuatan hukum yang kuat seperti macanang yang memilik luas kurang lebih seratus hektar belum bersertifikat namun dokumen dokumen  penunjang untuk pembuatan sertifikat sudah disiapkan seperti adanya PBB sebagi bukti pemilikan yang sah. beliau juga menambahkan adanya kerjasama dengan perusahaan kelapa sawit dan ini juga merupakan tambahan aset as’adiyah kedepan.

Nampak hadir dalam rapat tersebut yakni Gurutta Dr. KH. Hamzah Haruna Rasyid MA  (Ka. Balitban Keagamaan Makassar) selaku dewan pakar, Gurutta Dr. KH. Hasan Basri Rahman MBA (Ketua IKAKAS) Dr.Hj. Indo Santalia, MA. (UIN Alauddin Makassar) dan beberapa pengurus lainnya.

Dalam rapat tersebut yang ditunjuk sebagi ketua panitia  Muktamar As’adiyah ke XIV tahun 2017  yakni H. Muh. Yunus Panaungi SH ( Ketua DPRD Wajo ). dan Gurutta Drs KH. M Idman Salewe, M.Th.I sebagai Sekjend Pengurus Besar As’adiyah Sengkang yang sebelumnya dijabat oleh Alm. DR.H.M. Sabit AT., MM