Sabtu, 25-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Pengolahan Perkebunan Kelapa Sawit As’adiyah: Ladang Berkah Menuju Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren dan Peningkatan Ketahanan Pangan

Diterbitkan : - Kategori : Bumpes

Wajo (Media Center As’adiyah) – Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit Pondok Pesantren As’adiyah berlangsung dengan efisien dan berkelanjutan, menjadi salah satu tonggak penting dalam mencapai ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi yang diharapkan Pondok Pesantren. Setiap bulannya, tanaman kelapa sawit ini dipanen, menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi pesantren ini.

Dalam upaya memastikan pengelolaan kebun kelapa sawit ini berjalan dengan baik, terdapat seorang koordinator yang menjalankan tugas pengawasan. Koordinator ini memastikan bahwa seluruh aspek perkebunan berjalan lancar dan memadai. Jumlah total pekerja yang terlibat dalam proses ini adalah delapan orang. Mereka adalah petani berpengalaman yang berasal dari Soppeng.

Kualitas para pekerja ini tidak diragukan lagi, dan mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang perkebunan kelapa sawit. Mereka bekerja dengan penuh dedikasi dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan tanaman ini.

Hasil panen yang dihasilkan setiap bulan menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi Pondok Pesantren As’adiyah. Pendapatan per panen mencapai sekitar 25 juta rupiah per bulan. Setelah dipotong biaya operasional yang diperlukan untuk menjalankan kebun kelapa sawit ini, pesantren masih bisa meraih penghasilan bersih sebanyak 10 juta rupiah per bulan.

Keberhasilan dalam pengelolaan kebun kelapa sawit ini tidak hanya menciptakan ketahanan pangan untuk Pondok Pesantren As’adiyah tetapi juga membantu mencapai kemandirian ekonomi. Pendapatan yang dihasilkan dari kebun kelapa sawit ini dapat digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan dan program yang diterapkan oleh pesantren. Hal ini sejalan dengan upaya untuk memperkuat kemandirian ekonomi pondok pesantren.

Dengan pengelolaan yang terus-menerus ditingkatkan dan potensi pertumbuhan lebih lanjut, Pondok Pesantren As’adiyah telah membuktikan bahwa keberlanjutan dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit adalah langkah yang cerdas dan bermanfaat. Selain menciptakan ketahanan pangan, pengelolaan kebun kelapa sawit ini juga berkontribusi pada kemandirian ekonomi pesantren. Sehingga pesantren bisa menghasilkan pendapatan sendiri dari hasil pengolahan aset-aset pertanian serta aset ekonomi lainnya. (nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org