Senin, 20-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Penanaman Program Demplot Hortikultura di Pontren As’adiyah dengan Dukungan Bank Indonesia

Diterbitkan : - Kategori : Bumpes

Wajo (Media Center As’adiyah) – Pondok Pesantren As’adiyah memasuki babak baru dalam upayanya memperkuat kemandirian pangan dan keberlanjutan lingkungan dengan menggelar penanaman pertama dalam rangka Program Demplot Penanaman Hortikultura pada tanggal 15 November 2023. Inisiatif ini didasari oleh dukungan dari Bank Indonesia, yang turut hadir dalam kegiatan ini.

Kampus 5 Pondok Pesantren As’adiyah menjadi tempat dilaksanakannya penanaman pertama ini, di mana tanah subur dihiasi oleh barisan bibit harapan. Acara tersebut dihadiri oleh para perwakilan yang memiliki peran krusial dalam mendukung kesuksesan program ini, termasuk perwakilan dari Bank Indonesia dan tokoh-tokoh utama Pondok Pesantren As’adiyah.

Bendahara Umum Pondok Pesantren As’adiyah, Gurutta Drs. H. M. Rafiy Rasyid, M. Hi, menghadiri program pertanian ini. Keberadaannya dalam kesempatan ini memberikan energi positif, menandai komitmen Pondok Pesantren As’adiyah untuk menjadikan program hortikultura ini sebagai langkah awal menuju ketahanan pangan yang lebih baik.

Direktur Operasional Bumpes, H. Hamdani Halim, LC., turut serta dalam upacara penanaman pertama ini. Keterlibatannya menunjukkan kolaborasi antara Pondok Pesantren As’adiyah dan lembaga keuangan, dalam hal ini, Bank Indonesia. Kerjasama ini menandai sinergi antara sektor pendidikan dan sektor keuangan dalam mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Penanaman pertama ini diselenggarakan dengan serangkaian kegiatan. Mulai dari penanaman bawang sebagai simbol keberlanjutan, hingga pengecekan pupuk kompos dan unsur hara tanah. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa tanaman yang tumbuh di lahan Kampus 5 Pondok Pesantren As’adiyah mendapatkan nutrisi yang optimal.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi anggota Bumpes untuk terlibat langsung dalam proses penanaman. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mengajak seluruh komunitas pesantren terlibat secara aktif dalam mendukung keberhasilan program Demplot Penanaman Hortikultura.

Program ini bukan hanya tentang menanam tanaman, tetapi juga tentang menghargai alam dan merawatnya dengan penuh tanggung jawab. Melalui pengecekan unsur hara tanah, Pondok Pesantren As’adiyah berusaha menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan tanaman secara alami dan berkelanjutan.

Dengan adanya dukungan penuh dari Bank Indonesia, Pondok Pesantren As’adiyah optimis bahwa Program Demplot Penanaman Hortikultura ini akan menjadi langkah awal yang membawa dampak positif dalam upaya mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan. Penanaman pertama ini diharapkan menjadi tonggak awal dari perjalanan panjang menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi Pondok Pesantren As’adiyah.(nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org