Senin, 17-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Kerjasama Inovatif: Demplot Cabe dan Bawang Merah antara Bank Indonesia dan Pondok Pesantren As’adiyah

Diterbitkan : - Kategori : Bumpes / Uncategorized

Wajo (Media Center As’adiyah) – Sabtu 7 Oktober 2023, Bank Indonesia (BI) mengambil langkah yang inovatif dan luar biasa dalam upayanya untuk mengembangkan potensi pertanian di wilayah Pondok Pesantren As’adiyah. Mereka tidak hanya mengundang pesantren untuk berpartisipasi dalam upaya ini, tetapi juga menggelar Demonstration Plot atau Demplot, sebuah kegiatan yang memiliki tujuan besar untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi pertanian.

Dalam Demplot ini, diharapkan bukan hanya pengurus pondok pesantren As’adiyah memiliki kesempatan langka untuk mendapatkan pandangan mendalam tentang pertanian dari tim rewako Makassar yang merupakan perpanjangan tangan dari Bank Indonesia. Akan tetapi diharapkan para santri dan mahasantri juga bisa mendapatkan wawasan pertanian tersebut dengan ikut andil dalam proses pertanian nantinya. Hal ini menandakan kolaborasi yang erat antara sektor perbankan dan pendidikan agama, sebuah langkah luar biasa menuju pembangunan berkelanjutan.

Selama proses pengelolaan tanah pertanian, para peserta Demplot akan diajarkan tentang teknik pertanian. Diharapkan bahwa pengetahuan yang mereka peroleh akan bermanfaat besar untuk pengembangan pertanian di Pondok Pesantren.

Demplot ini juga memberikan peluang besar bagi Pondok Pesantren As’adiyah untuk menjadikan kegiatan pertanian sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, mereka dapat menciptakan manfaat yang berkelanjutan bagi pesantren dan para santrinya.

Pentingnya kegiatan seperti Demplot ini juga terletak pada fakta bahwa mereka membuka wawasan baru bagi guru dan santri di Pondok Pesantren As’adiyah. Demplot membuktikan bahwa pesantren memiliki potensi besar tidak hanya dalam hal ilmu pengetahuan formal, tetapi juga dalam pertanian dan perkebunan.

Tim petani pintar rewako Bank Indonesia yang terlibat dalam Demplot ini memberikan pandangan berharga tentang potensi lahan pertanian di Pondok Pesantren As’adiyah. Mereka menunjukkan bahwa tanah pertanian di pesantren ini sudah dalam kondisi yang cukup baik, bahkan dibandingkan dengan tanah pertanian di lokasi pesantren lain yang seringkali berbatu. Hal ini memberikan harapan besar untuk pengembangan pertanian yang lebih besar di masa depan.

Selain itu, tim petani pintar rewako juga menyampaikan pentingnya memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar kita. Mereka memberikan contoh sederhana tentang bagaimana kita dapat memulai bertani dengan menggunakan polybag, bahkan di lingkungan perkotaan. Pesan tim petani pintar rewako adalah bahwa pertanian tidak harus rumit, dan banyak manfaat besar yang dapat diperoleh dari usaha bertani, terlepas dari seberapa kecil usahanya.

Kerjasama antara Bank Indonesia dan Pondok Pesantren As’adiyah dalam Demplot Cabe dan Bawang Merah adalah langkah maju yang menginspirasi dan memberikan contoh nyata tentang bagaimana berbagai sektor dalam masyarakat dapat bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Ini adalah contoh yang memotivasi kita untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan potensi alam, sumber daya manusia, dan kerjasama lintas sektor dalam membangun masa depan yang lebih baik. (nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org