Senin, 27-05-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

MAS As’adiyah Putri Melakukan Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas  

Diterbitkan : - Kategori : MA Putri

Wajo (Media Center As’adiyah) – Pada Kamis, 02 November 2023, dilakukan monitordng pelaksanaan kegiatan kurikulum merdeka di MAS As’adiyah Putri Sengkang. Lembaga pendidikan yang bernaung di Pondok Pesantren As’adiyah ini menjadi salah satu pelopor pelaksanaan kurikulum merdeka tingkat MA se-kabupaten Wajo, yang memiliki dampak signifikan dalam pengembangan pendidikan di Sengkang.

Kegiatan ini menjadi sangat penting, mengingat komitmen penuh pihak madrasah terhadap Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), alur tujuan pembelajaran (ATP), Modul Ajar, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin (P5P2RA) sehingga dilakukanlah monitoring ini.

Tim yang bertanggung jawab untuk memantau pelaksanaan kegiatan ini adalah Tim Monev Balai Diklat Keagamaan Makassar (BDK) yang dipimpin oleh ibu Theovani Thenty Hutagaol. sedangkan Tim IKM-BK Tingkat MA, yang terdiri dari para profesional berkompeten yaitu Kepala MAS As’adiyah Putri Sengkang, Zuheriyah R, S. HI, adalah salah satu tokoh kunci yang memimpin perubahan dan inovasi di sekolah ini. Ia bekerja sama dengan guru-guru seperti Sitti Aminah ST, M. Si dan Herianti, S. Pd. I, untuk memastikan bahwa kurikulum ini diterapkan dengan baik dan efisien.

Dalam upaya pengawasan dan pengembangan kurikulum merdeka ini, para pengawas juga memainkan peran penting. Drs. Saharuddin, M. Pd, yang merupakan Pengawas Kemenag Kabupaten Wajo, serta A. Darmawangsah, M. Si, yang merupakan Unsur Penmad Kemenag Kabupaten Wajo, turut serta aktif dalam proses ini. Mereka memberikan wawasan dan pandangan yang berharga tentang bagaimana melaksanakan kurikulum merdeka dengan benar.

 

Tidak hanya melibatkan pihak sekolah dan kementerian agama, melainkan juga melibatkan unsur dosen. Besse Mutmainnah, S. Pd, M. Pd, yang merupakan unsur dosen, memberikan perspektif akademis dalam pengembangan kurikulum ini. Ini menciptakan sebuah pendekatan holistik yang memastikan bahwa kurikulum merdeka ini tidak hanya terwujud, tetapi juga berkualitas tinggi.

Monitoring pelaksanaan kegiatan kurikulum merdeka berbasis komunitas ini adalah bukti nyata dari kolaborasi dan komitmen semua pihak dalam pengembangan pendidikan. Dengan bimbingan dari Tim Monev BDK dan partisipasi aktif para pemangku kepentingan madrasah, MAS As’adiyah Putri Sengkang telah menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam menerapkan kurikulum merdeka.

Kegiatan ini adalah tonggak penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan membekali santriwati dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk masa depan. Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ini patut diapresiasi atas dedikasi mereka dalam menjadikan pendidikan sebagai kekuatan pendorong perubahan positif di sengkang. (nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org