Senin, 24-06-2024
  • Selamat datang di situs Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang | Telah dibuka Pendafatan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 untuk info selengkapnya silahkan visit psb.asadiyahpusat.org

Maulid, Moderasi, dan Meritokrasi: Pencerahan dari Kuliah Umum Prof. Hamdan Juhannis, di IAI As’adiyah

Diterbitkan : - Kategori : IAI As'adiyah

Wajo (Media Center As’adiyah) – Kamis, 19 Oktober 2023, Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah menyelenggarakan Kuliah umum, menghadirkan seorang pembicara terkemuka, yaitu Prof. Drs. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D yang menjabat sebagai Koordinator Kopertais Wilayah VIII Sulawesi, Maluku & Papua.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula IAI As’adiyah, dihadiri segenap Mahasiswa serta tenaga pendidik. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah Maulid, Moderasi, Meritokrasi, tiga konsep penting yang menjadi pijakan dalam kehidupan kita.

Acara dibuka dengan semangat kebangsaan, dengan semua hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IAI As’adiyah. Setelah itu, suasana diramaikan dengan lantunan ayat suci Al-Quran yang indah oleh Husnul Fatimah. Kehadiran Rohmatul Ilahi memuliakan acara ini. Acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Gurutta Drs. Muh. Yusuf Razaq, M.Pd, yang memohon ridha dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa.

Rektor IAI As’adiyah, AG Dr. KH. Muh. Yunus Pasangreseng Andi Padi, M.Ag, memberikan sambutan yang penuh semangat. Beliau menggambarkan makna dan urgensi diselenggarakannya kegiatan hari ini.

Namun, puncak acara tentu saja adalah kuliah umum yang disampaikan oleh Prof Hamdan Juhannis, Beliau membawa kita dalam sebuah perjalanan intelektual yang mendalam tentang tiga konsep kunci: Maulid, Moderasi, dan Meritokrasi.

Pertama-tama, Prof. Hamdan membahas Maulid. Beliau menjelaskan bahwa Maulid bukan sekadar perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga sebuah sistem kelahiran bagi kebaikan dan kedamaian. Selanjutnya, beliau membahas Moderasi agama sebagai sistem keberagamaan. Moderasi adalah kunci untuk membangun masyarakat yang harmonis dan sejahtera.

Terakhir, meritokrasi, yang merupakan sistem kehidupan sosial yang menekankan prestasi sebagai dasar untuk memperoleh kekayaan, pekerjaan, dan kekuasaan. Prof. Hamdan Juhannis menyampaikan bahwa meritokrasi adalah landasan penting dalam membangun masyarakat yang adil dan berkembang. Semua individu memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan berdasarkan usaha dan prestasi mereka.

Prof. Hamdan Juhannis, juga merupakan alumni As’adiyah ini, mengingatkan kita semua untuk menggabungkan ketiga konsep ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan menghormati Maulid, menganut Moderasi, dan menerapkan Meritokrasi, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih baik dan harmonis.

Acara ini benar-benar memberikan wawasan yang berharga dan pencerahan bagi semua yang hadir. Semoga tema Maulid, Moderasi, Meritokrasi menjadi panduan dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari, dan semoga kita dapat menjadikan nilai-nilai ini sebagai fondasi dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan adil.

Terimakasih kepada IAI As’adiyah dan Prof. Drs. Hamdan Juhannis, M.A.,Ph.D, yang telah berbagi pengetahuan dan inspirasi pada hari ini. Semoga kita terus bersemangat dalam menjalani perjalanan kita menuju kebaikan dan keadilan. (nm)

 

Pengumuman


  • Pendaftaran Qurban 1444 H

  • Yuk Bayar Bayar Zakat Fitrah !

  • Twibbon PSB 2023

Agenda

Pondok Pesantren As’adiyah

JL. Masjid Raya No. 100 Sengkang 90941, Sulawesi Selatan Kab. Wajo, Indonesia

0853 3344 4993

info@asadiyahpusat.org

www.asadiyahpusat.org