19275156_303413060101991_5819902780166535275_n

Tentang Kami

Institut Agama Islam (IAI As’adiyah) atau sebelumnya beranama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As’adiyah Sengkang adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang terbilang cukup tua di Sulawesi Selatan. Berdiri 12 Oktober 1964 M / 6 Jumadil Akhir 1385H, Enam tahun kemudian, Status DISAMAKAN diresmikan Menteri Agama RI dengan SK. No. 52 Tahun 1970. Lembaga pendidikan tinggi ini merupakan satu dari sejumlah kecil lembaga pendidikan tinggi berbasis pada pondok pesantren, yakni dikelola di bawah naungan pesantren tertua di Sulawesi Selatan Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang. STAI As’adiyah didirikan saat Pesantren As’adiyah dipimpin oleh ulama terkemuka Sulawesi Selatan Anregurutta (AG) H.M. Yunus Martan.

Sejak berdirinya hingga sekarang, STAI As’adiyah telah mengalami perkembangan yang siginfikan. Mulai dari pengelolaan manajemen yang terus berkembang, hingga penataan sarana dan prasarana yang kian lengkap. Didukung oleh ratusan tenaga pengajar (dosen) dengan kualifikasi, puluhan Guru Besar, puluhan Doktor, dan ratusan dosen berkualifikasi magister, serta sejumlah ulama terkemuka Sulawesi Selatan. Selain itu, STAI As’adiyah juga dilengkapi sarana dan prasarana antara lain ruang belajar reperesentatif (sejumlah diantaranya dilengkapi pendingin ruangan/AC), Perpustakaan dengan ribuan koleksi buku dari berbagai kajian ilmu serta literatur asing (Arab dan Inggris) serta berbahasa Indonesia. Selain itu, ditinjang laboratorium bahasa, dan laboratorium Komputer dan IT. Serta sarana prasarana lainnya.

Saat ini, STAI As’adiyah membina empat Program Studi/Jurusan 1. Aqidah Filsafat (Ushuluddin) 2. Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) 3. Ahwalus Syahsiyah (Syari’ah) 4. Hukum Ekonomi Syari’ah serta sedang dalam proses pembentukan tiga Program Studi Baru.

Ribuan lulusan STAI As’adiyah dewasa ini, telah berkifrah diberbagai bidang. Baik sebagai Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif, Bidang lain, misalnya sebagai Dosen, Guru, Hakim, TNI/Polri, Pengusaha, dan para Profesional. Selain itu, alumni STAI As’adiyah, tidak saja berkifarah di tingkat lokal, tetapi juga regional bahkan di level nasional.

Berlokasi di tengah-tengah jantung kota Sengkang. Tepatnya di Jl. Veteran No. 46 Laponkoda Sengkang. Strategis dan sangat mudah dijangkau.

Struktur

 

JAJARAN KETUA IAI : Prof. Dr.H.M.Rafii Yunus Martan
PEMBANTU KETUA I : Dr. H. Muh. Yunus Pasanreseng Andi, M.Ag
PEMBANTU KETUA II : Drs. H. Muh. Syuaib Nawang
PEMBANTU KETUA III : Drs. K.H. Muh. Rafy Rasyid, M.Hi

LEMBAGA – LEMBAGA

Pengabdian Kepada Masyarakat
KETUA : Drs. H.Andi Syahrulyali Razaq, M.Ag
Sekretaris : Drs. Baharuddin Jabi, M.Ag
Pengendalian Mutu
KETUA : Drs. H. Abd. Rahman Tjatjo, M.Pd.I
Sekretaris : Andi Najamuddin Hamzah, S.Ag, M.Ag.
BAHASA
KETUA : Drs. H. M. Yusuf Razaq, M.Pd
Sekretaris : Hamzah Aliyas, SS, M.Pd
Aqidah dan Filsafat
KETUA : Nurdin S.Fil.I,M.Fil.I
Sekretaris : Drs. H.M. Nasir, M.Ag
Pendidikan Agama Islam
KETUA : Dr. H. Baharuddin Ballutaris, S.H, M.Ag
Sekretaris : Dr. H. Muh. Harta, M.Ag
Ahwalus Syahsiyah
KETUA : Drs. H. M. Arsyad Meru, M.Ag
Sekretaris : Dra. St. Rabiah Lamming, M.Sos.I
Hukum Ekonomi Syariah
KETUA : Syahidah Rahmah SE.Sy,MEI
Sekretaris : Drs. H. Muh. Jafar Aras, M.Si

Visi Misi

VISI

Terwujudnya Institut Agama Islam (IAI) As’Adiyah Sengkang sebagai Perguruan Tinggi yang Mengakses Tri Dharma Perguruan Tinggi Dalam Dunia Peradaban Modern yang Islami

 

MISI

1. Mengembangkan struktur kelembagaan dengan tata kerja organisasi yang sehat berdasarkan prinsip tranparansi dan akuntabilitas;

2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang konvensioanal, bernuansa pesantren dan dakwah;

3. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang kompetitif, inovatif, berorientasi kemitraan, kerjasama, dan pengabdian masyarakat

MISI

VISI, MISI DAN TUJUAN

 

VISI

Terwujudnya Institut Agama Islam (IAI) As’Adiyah Sengkang sebagai Perguruan Tinggi yang Mengakses Tri Dharma Perguruan Tinggi Dalam Dunia Peradaban Modern yang Islami

MISI

1. Mengembangkan struktur kelembagaan dengan tata kerja organisasi yang sehat berdasarkan prinsip tranparansi dan akuntabilitas;

2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang konvensioanal, bernuansa pesantren dan dakwah;

3. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang kompetitif, inovatif, berorientasi kemitraan, kerjasama, dan pengabdian masyarakat

TUJUAN

Untuk mewujudkan visi dan misi, secara praktis dikembangkan dalam bentuk tujuan sebagai berikut :

1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau professional yang dapat menerapkan mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan agama Islam, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni yang dijiwai oleh nilai-nilai ke-Islaman.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan agama Islam, ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang dijiwai oleh nilai-nilai ke-Islaman dan mengupayakan penggunanaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasioanal bernuansa pendidikan dan teknologi dakwah.

Akademik

SISTEM PERKULIAHAN Sistem perkuliahan ditetapkan 144 SKS sebagai beban mahasiswa yang di tempuh selama 8 semester (Maksimal 4 Tahun) yang di bagi kedalam 3 sistemperkuliahan yakni Tatap muka, penugasan (kebdidikan dan pengajaran), penulisan karya ilmiah (Penulisan hasil penelitian/ Skripsi) dan pengabdian kepada masyarakat ( Program Pengabdian Masyarakat).

GELAR AKADEMIK

  1. Program Studi/Jurusan Aqidah Filsafat          S.Fil.I
  2. Program Studi/jurusan PAI                                 S.Pd.I
  3. Program Studi/Hukum Perdata Islam              S.H.I
  4. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah         SE.Sy.

KOMPETENSI LULUSAN

Lapangan kerja yang umum dimasuki alumni STAI As’adiyah Sengkang sangat luas, mulai dari Dose/Guru, Praktisi Hukum, Panitera, Pegawai Pencatatan Nikah (PPN), Pegawai Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Agama, PEMDA, Praktisi Perbankan Syariah, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Akuntansi Syariah (Tafakul), dan Aktivis LSM.

Sarana & Fasilitas

1.  Fasilitas Gedung

  •  -Gedung perpustakaan dengan koleksi  buku, majalah, hasil penelitian yang memadai dengan Sistem Pelayanan Otomasi (SIMPUS) serta pelayanan perpustakaan digital
  • – Gedung Perkuliahan dengan perangkat pembelajaran  m ultimedia/LCD
  • – Gedung Aula

2.  Laboratorium

  • – Laboratorium Yustisi (Hukum)
  • – Laboratorium Perbankan
  • – Laboratorium Komputer dan Internet (LAN & Wifi)
  • – Laboratorium Bahasa untuk mendukung perkuliahan Bahasa Arab dan Inggris
  • – Laboratorium Micro Teaching, mempersiapkan mahasiswa Jurusan Tarbiyah terampil dalam mengajar

 

3.  Unit Pendukung

  • Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M), dengan tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, mengembangkan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada  masyarakat serta mengusahakan dan mengendalikan administarsi dan sumber daya yang diperlukan.

 

  • Perpustakaan yang telah menggunakan sistem otomasi yang mengintegrasikan kegiatan pengadaan, pengolahan, sirkulasi, dan administrasi dengan bantuan komputer (SIMPUS 1.0 yang dikembangkan oleh IAIN Sunan Ampel Surabaya dari perangkat lunak CDS/ISIS keluaran UNESCO)

 

  • Unit Pelayanan Bahasa, merupakan unit pelaksana teknis di bidang pendidikan bahasa. Kegiatannya  Meliputi pelayanan peningkatan keterampilan dan pengetahuan bahasa Arab dan Inggris untuk dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum.

 

  • Pusat Komputer (Puskom), merupakan unit pendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pemanfaatan teknologi informasi. Beberapa program yang menjadi sasaran strategis adalah membangun layanan mahasiswa, dosen dan staf berbasis internet dan memperbaiki koordinasi, komunikasi dan tata Laksana sumber daya manusia.

 

4.  Sarana Lainnya

  • Koperasi
  • Asrama Mahasiswa
  • Hotspot / wifi (internet internet gratis) dalam lingkungan kampus
  • Kantin Baca dan Kantin Kopma
  • Taman baca
  • Mushallah
  • Sarana Olah Raga

 

Info Kampus