Masjid Jami Sengkang

Tahfizul Qur’an As’adiyah,  bertempat di Masjid Jami Sengkang. berdiri Pada tahun 1350 H/1931 M. dibawa pimpinan AG.H. M. As’ad atas prakarsa Andi Cella Petta Patolae (Petta Ennengnge), dengan dukungan tokoh-tokoh masyarakat Wajo,

Pondok Tahfizh al-Quran As’adiyah Masji Jami’ Sengkang berada di kota sengkang, tepatnya di jalan KH. Muh. As’ad. Tidak sulit menemukan pondok ini, karena mudah dijangkau dan merupakan tempat bersejarah Kabupaten Wajo.

Pondok Tahfizh al-Quran As’adiyah Masji Jami’ Sengkang, bertahan dengan model menghapal al-Quran masa lalu. Asrama para santri tidak diakomodir secara langsung oleh Pondok. Para santri bebas memilih akomodasi di sekitar masjid jami, asrama santri daerah, atau bahkan nge-kos.

Pola kemandirian dan pembentukan karakter kuat sepertinya menjadi andalan Pondok Tahfizh al-Quran Masji Jami’ Sengkang. Buktinya, setiap tahun, jumlah santri pendaftar selalu melebihi kuota yang ditetapkan.

Karena sistem akomodasi tidak langsung oleh pondok, praktis Pondok Tahfizh al-Quran As’adiyah Masji Jami’ Sengkang meng-gratis-kan biaya pendidikan menghapal para santri.

Untuk output, tidak diragukan lagi. Ratusan santri sudah menorehkan prestasi dalam lomba tahfizh al-Quran baik nasional maupun internasional. Alumni Pondok Tahfizh al-Quran As’adiyah Masji Jami’ Sengkang, bahkan menyebar, membentuk pondok tahfizh baru dan menelorkan santri berprestasi juga. Santri Pondok ini, sudah beranak pinak, bercucu, bercicit.

Ummil Hasanah

Asrama Tahfizhul Qur’an Ummil Hasanah  beralamat di JL. H. Andi Ninnong Lompo Tempe dibawa pimpinan Dra. Hj. Saidah Katu, Tahfizul Qur’an Ummil Hasanah As’adiyah merupakan wakaf dari H. Sarapping kepada Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah yang diresmikan oleh Anregurutta Alm. H. Rafii Yunus Martan, MA pada hari Selasa Tanggal 19 Agustus 2014.

Nama Asrama Tahfizul Qur’an Ummil Hasanah diartikan Indo’na Sininna Deceng’nge atau dalam arti (Ibu dari segala kebaikan)

Pattirosompe

Pondok Tahfidz Al-Qur’an As’adiyah pattirosompe