Wakil Ketua Umum Lakukan Pengujian Program PBSB

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Gurutta 𝗗𝗥. 𝗞.𝗛. 𝗠𝘂𝗵𝘆𝗶𝗱𝗱𝗶𝗻 𝗧𝗮𝗵𝗶𝗿, 𝗦.𝗔𝗴., 𝗠.𝗧𝗵.𝗜, Melakukan Pengujian Calon Mahasiswa S2 Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). yang di Programkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kamis, 26 Mei 2022

Pengujian calon mahasiswa tersebut dilakukan secara daring, oleh Gurutta Muhyiddin diruang kerjanya, Kantor Sekertariat PP As’adiyah Jl. Veteran Sengkang

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan pondok pesantren untuk mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada pondok pesantren.

Dari laman kemenag.go.id, Kamis, 26 Mei 2022. Direktur PD Pontren Waryono memaparkan penguji terdiri atas unsur akademisi, pembina dan praktisi kepesantrenan, serta kalangan profesional. Tes tahap kedua ini bertujuan menentukan level penguasaan calon mahasantri dalam membaca dan memahami kitab kuning serta pemahaman terhadap wawasan kebangsaan.

Ada tiga kitab yang diujikan, yaitu Tafsir Jalalain, Bulughul Maram, dan Fathul Qarib. Selain itu, ada juga tes tambahan bagi santri yang mendaftar pada perguruan tinggi tertentu, seperti tes penguasaan hafalan Al-Qur’an dan Nazam Alfiyah Ibnu Malik. Ada juga tes wawasan dan peminatan akademik untuk pendaftar pada perguruan tinggi tertentu.